Ketua Forum Bali Taurism Board: Danau Toba Jauh Lebih Indah dari Bali

Pariwisata338 Dilihat

Bali, 17/12 (Batakpost.com)- Ketua Forum Bali Taurism Board, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan, bahwa Danau Toba jauh lebih indah dari Bali. Tetapi kenapa justru Bali yang lebih terkenal? Tentu banyak hal yang menjadi penyebabnya.

Hal itu disampaikan Ida Bagus menjawab pertanyaan Sahat Jason Gultom salah seorang peserta Diskusi Hasil Presiden G20 Indonesia 2022 yang menanyakan dampak G20 bagi pariwisata Danau Toba serta pandangan tentang Danau Toba saat ini, serta langkah-langkah yang diambil dalam mendirikan satu forum pariwisata seperti yang ada di Bali.

Baca Juga:  Ini Jadwal Tiket Pesawat Murah, Catat Waktunya!

Diungkapkan Ida Bagus, sekitar 15 tahun yang lalu banyak travel asal Eropa overland (lewat darat) ke Danau Toba. Dan itu membuat hidup kawasan tersebut. Hanya saja sekarang ini tidak ada lagi. Alasan mereka itu adalah akses dan industri serta keamanan. Karena memang alasan utama pariwisata itu adalah keamanan, baru kenyamanan.

“Mungkin saja para turis yang ke sana sudah merasa tidak aman dan nyaman lagi. Hal-hal seperti itulah yang harus dihilangkan di masing-masing daerah, sehingga mereka (turis) tidak jera untuk datang. Dan ini menjadi tugas pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga:  Kapal Rumah Batak Berbiaya Rp 2,3 Miliar Siap Layani Wisatawan

Sementara untuk pengembangan konsep pariwisata, Ida meminta agar pemerintah jangan top-down (keputusan hanya dibuat oleh kepemimpinan tingkat atas), melainkan harus bottom-up (berkolaborasi dengan semua tingkat).

“Saya melihat Kementerian dalam mengelola pariwisata masih dengan top-down. Atas dasar itulah kami dari Forum Bali Taurism Board bergerak dari bawah, karena kami yang lebih tahu bagaimana kondisi dan fasilitas pariwisata yang ada di Bali ini termasuk memasarkannya dibandingkan Dinas Pariwisata,” bebernya.

Ida berharap…