Teknologi

Google Suntikkan Dana Rp 420 Miliar untuk Pengembangan AI di Eropa

90
×

Google Suntikkan Dana Rp 420 Miliar untuk Pengembangan AI di Eropa

Sebarkan artikel ini
Google Suntikkan Dana Rp 420 Miliar untuk Pengembangan AI di Eropa
Example 300x600

Jakarta, 13/2 (Batakpost.com) – Google akan mengalokasikan dana sebesar US$ 26,98 juta atau setara dengan Rp 420 miliar (dengan kurs Rp 15.584) untuk mendukung perkembangan kecerdasan buatan (AI) di masyarakat Eropa. Sumbangan ini diharapkan akan membantu meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan teknologi AI di Benua Biru.

Pengumuman ini diiringi dengan pembukaan pendaftaran bagi wirausaha sosial dan organisasi nirlaba yang ingin membantu masyarakat mendapatkan manfaat dari pelatihan AI. Google juga berencana untuk meluncurkan serangkaian “akademi pertumbuhan” untuk mendukung perusahaan yang menggunakan AI serta memperluas kursus pelatihan AI online gratisnya ke dalam 18 bahasa.

“Penelitian menunjukkan bahwa manfaat AI dapat mengurangi kesenjangan yang ada, terutama dalam hal keamanan ekonomi dan lapangan kerja,” kata Direktur Eksekutif Center of Public Impact, Adrian Brown, seperti yang dilaporkan oleh Reuters, pada Senin (12/2/2024).

Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat di seluruh Eropa untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepercayaan diri mereka terkait AI, sehingga tidak ada yang tertinggal dalam pemahaman dan pemanfaatan teknologi ini.

Sebelumnya, pada bulan Januari 2024, Google telah mengumumkan investasi sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 15,5 triliun untuk membangun pusat data di London, Inggris. Langkah ini diambil untuk memenuhi permintaan layanan internet yang terus meningkat di wilayah tersebut. Pusat data ini akan dibangun di lahan seluas 13 hektare di Waltham Cross, sekitar 24,14 kilometer di utara pusat kota London.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS