Teknologi

Google Bersiap Meluncurkan ‘Creative Assistant’ sebagai Pes konkret Genmoji di iOS 18

99
×

Google Bersiap Meluncurkan ‘Creative Assistant’ sebagai Pes konkret Genmoji di iOS 18

Sebarkan artikel ini
Google Bersiap Meluncurkan 'Creative Assistant' sebagai Pes konkret Genmoji di iOS 18
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 22/6 (Batakpost.com) – Pasar teknologi semakin menarik dengan persaingan antara Apple dan Google dalam menghadirkan fitur AI terbaru. Salah satunya adalah fitur yang akan datang di iOS 18, yakni Genmoji, yang kini mendapat pesaing dari Google dalam bentuk ‘Creative Assistant’.

Genmoji, yang akan hadir di iOS 18, adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat stiker dan emoji yang dipersonalisasi menggunakan natural language. Bedanya dengan emoji konvensional, Genmoji diciptakan secara dinamis sesuai permintaan dan konteks pengguna, berdasarkan deskripsi yang diberikan.

Google, melalui Creative Assistant, juga menawarkan fitur serupa yang tampaknya mirip dengan Genmoji. Meskipun belum tersedia di Android 15 Beta 3, Creative Assistant memiliki kemampuan yang menjanjikan. Contohnya, dalam aplikasi Markup, terdapat tombol ‘remix’ yang terhubung ke Creative Assistant. Dari sini, pengguna dapat membuat stiker menggunakan AI dan menyematkannya ke dalam screenshot atau gambar lain yang ada di ponsel.

Perkiraan menyebutkan bahwa fitur ini akan lebih terlihat ketika Google merilis Pixel 9. Namun, masih belum jelas apakah pemrosesan AI akan dilakukan secara lokal di perangkat atau menggunakan cloud. Diharapkan bahwa chip Tensor G4 yang digunakan dalam Pixel 9, yang dipadukan dengan Gemini Nano, akan mampu mengatasi tugas seperti pembuatan stiker dengan efisien.

Creative Assistant tampaknya adalah evolusi dari fitur-fitur sebelumnya di Gboard, seperti Emoji Kitchen yang memungkinkan pengguna untuk menggabungkan beberapa emoji. Fitur ini kemungkinan akan diperluas untuk mencakup pembuatan emoji berdasarkan permintaan pengguna, mirip dengan Genmoji.

Google mungkin akan merilis fitur ini secara bertahap, dengan kemungkinan tersedia di Pixel 9 sebagai ponsel pertama yang mendapatkannya. Potensi juga ada untuk Google menyediakan fitur ini melalui langganan, mungkin melalui layanan yang ada di Google One.

Tetap pantau perkembangan selanjutnya untuk melihat bagaimana fitur-fitur ini akan memengaruhi pengalaman pengguna di kedua platform.(int)

 Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300