Enam Bulan Sebelum Serangan jantung, Tubuh Sudah Memberikan Tanda

Ekonomi, Gaya Hidup55 Dilihat

Jakarta -Serangan jantung mendadak, demikian kerap yang dialami orang. Sebenarnya tidak ada yang serta-merta, sebab enam bulan sebelum seseorang terserang penyakit jantung, tubuh sudah mulai memberikan tanda-tanda.

Adapun enam tanda penyakit jantung yang dapat dideteksi sejak dini itu, antara lain:

  1. Sakit kepala ekstrem

Sakit kepala ekstrem merupakan salah satu tanda penyakit jantung. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala setelah melewati hari yang cukup melelahkan, namun jika Anda merasakan sakit kepala terus menerus dan mudah lelah, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakannya ke rumah sakit. Sangat tidak normal jika Anda cukup tidur di malam hari, makan teratur, tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik namun mengalami sakit kepala terus menerus.

  1. Gangguan pola tidur
Baca Juga:  Mulana Samosir Sang Aktivis Akan Memperjuangkan Hak Rakyat Dapil IX di DPRD Sumut

Tanda penyakit jantung kedua ialah pola tidur yang tidak menentu. Gangguan pola tidur yang dialami seseorang merupakan cara alam bawah sadar memberi tahu bahwa ada suatu hal yang tidak benar pada tubuhnya. Sering terbangun di malam hari, sering buang air atau merasa sangat haus sepanjang malam, merupakan tanda penyakit jantung.

  1. Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan sebagai tanda lain dari penyakit jantung dapat terjadi saat aliran oksigen yang mengalir menuju jantung mengalami masalah (tidak lancar). Kurangnya pasokan oksigen ke jantung menyebabkan seseorang bernapas dengan ritme lebih pendek.

  1. Gangguan pencernaan
Baca Juga:  Pendaftaran CPNS Paling Cepat 26 September 2018

Tanda penyakit jantung lainnya ketika perut terasa bergejolak padahal tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam.

  1. Mudah cemas

Segera temui dokter jika belakangan ini Anda merasa lebih mudah cemas bahkan untuk hal-hal kecil.

  1. Kesemutan

Saat jantung tidak menerima cukup oksigen, maka akan berakibat fatal pada tulang belakang. Saat tulang belakang mengalami masalah, saraf yang menghubungkan jantung, tulang belakang dan tangan pun terganggu. Jika Anda merasa tangan mudah lemas atau sering kesemutan bisa jadi Anda terserang penyakit jantung.

Baca Juga:  Kunci Sukses Taiwan Lawan Corona: Wakil Presidennya Seorang Ahli Epidemiologi

Sebenarnya, penyakit jantung dapat dihindari dengan berbagai macam cara, termasuk diet, olahraga, rutin mengonsumsi suplemen mengandung zat besi hingga mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak omega-3.

Serangan jantung dapat terjadi kapan saja saat peredaran daran dan oksigen menuju jantung terhambat. Otot-otot jantung mulai melemah dan akan berhenti bekerja karena kekurangan oksigen. Jika darah tidak segera mengaliri area tersebut maka akan berakibat fatal dan berujung pada kematian. (Int)

Komentar