Medan

Dinas Damkarmat Kota Medan Edukasi Anak-anak tentang Bahaya Kebakaran

76
×

Dinas Damkarmat Kota Medan Edukasi Anak-anak tentang Bahaya Kebakaran

Sebarkan artikel ini
Dinas Damkarmat Kota Medan Edukasi Anak-anak tentang Bahaya Kebakaran
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 4/7 (Batakpost.com) – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Medan menggelar kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya kebakaran kepada anak-anak usia dini, yang berlangsung di markas dinas yang terletak di Jalan Candi Borobudur. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti simulasi memadamkan api, tur kota dengan mobil pemadam kebakaran, kunjungan ke Museum Pemadam Kebakaran, serta praktik memadamkan api menggunakan selang pemadam kebakaran.

Anak-anak dari Playdate Anak Medan tampak antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan edukatif ini. Dinas Damkarmat tidak hanya menyampaikan materi dengan cara yang komunikatif, tetapi juga menyajikan suasana yang menyenangkan dengan kehadiran badut untuk membuat suasana sosialisasi lebih ceria.

Para orang tua yang mendampingi anak-anak mereka turut aktif dalam kegiatan ini, dengan cermat mendengarkan penjelasan dari petugas dan bahkan ikut bertanya tentang teknik penanganan kebakaran dini. Petugas dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dan memberikan demonstrasi langsung, termasuk teknik memadamkan api dari kebocoran gas elpiji dengan mencabut selang gas sebagai langkah pencegahan yang efektif.

Muhammad Yunus, Kadis Damkarmat Medan, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Dinas untuk mengedukasi dan mensosialisasikan pencegahan dan penanganan kebakaran kepada masyarakat, terutama anak-anak usia dini dari taman bermain dan PAUD.

“Kami juga menerima banyak permintaan untuk kegiatan serupa, dan kami berkomitmen untuk meladeni semua permintaan ini sebagai bagian dari program edukasi dan sosialisasi kami,” ujarnya.

Yunus menambahkan bahwa selain mengenalkan bahaya kebakaran dan peran pemadam kebakaran, kegiatan ini juga mengajarkan anak-anak tentang peralatan pemadam kebakaran, teknik pengamanan diri, serta menyediakan informasi tentang penyelamatan dalam situasi non kebakaran seperti evakuasi hewan atau barang berharga yang terperangkap.

“Dalam program ‘Wisata dan Edukasi Pemadam Kebakaran’, kami juga membuka pintu bagi masyarakat untuk mengunjungi markas kami setiap Sabtu dan Minggu, dimulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Semua layanan ini kami berikan secara gratis,” katanya.

Acara ini berhasil menarik minat masyarakat, terlihat dari antusiasme yang tinggi dalam mengikuti dan mendukung kegiatan edukasi yang digelar oleh Dinas Damkarmat Kota Medan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300