Samosir

Bupati Samosir Berikan Bantuan BPJS Gratis untuk Pekerja Rentan

143
×

Bupati Samosir Berikan Bantuan BPJS Gratis untuk Pekerja Rentan

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Berikan Bantuan BPJS Gratis untuk Pekerja Rentan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 10/7 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Samosir di bawah kepemimpinan Bupati Vandiko T. Gultom menunjukkan komitmennya terhadap perlindungan sosial dengan memberikan bantuan BPJS gratis kepada pekerja rentan bukan penerima upah. Sebanyak 1.512 kartu BPJS Ketenagakerjaan diserahkan secara langsung kepada penerima manfaat di Halaman Kantor Bupati Samosir pada tanggal 10 Juli.

Acara penyerahan ini turut dihadiri oleh pejabat terkait seperti Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, serta para kepala dinas dan camat di Kabupaten Samosir. Program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan jaminan sosial terutama dalam hal kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pekerja yang rentan, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih tenang dan produktif.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengungkapkan bahwa ide untuk memberikan BPJS kepada pekerja rentan ini muncul dari pengalamannya saat terjadi kecelakaan kerja di lingkungan Pemkab Samosir. Melalui program ini, Vandiko berharap dapat memperluas cakupan perlindungan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan, dengan dukungan anggaran dari APBD yang diharapkan dapat diimplementasikan pada tahun 2024.

Program pemberian Kartu BPJS Ketenagakerjaan gratis ini merupakan langkah pertama yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, sebagai wujud komitmen dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan pekerja rentan di daerah tersebut. Di samping BPJS Ketenagakerjaan, program perlindungan kesehatan melalui BPJS Kesehatan juga telah mencakup sebagian besar masyarakat, mendekati 99%.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Kepesertaan BPJS Pematang Siantar, Arie Toteles Sitinjak, menyampaikan pentingnya jaminan kecelakaan kerja dan kematian sebagai upaya perlindungan sosial yang signifikan, terutama dalam menjaga keamanan finansial keluarga pekerja yang terkena risiko.

Rista Sitanggang, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Tenaga Kerja (Kopnakerindag) Kabupaten Samosir, menjelaskan bahwa penerima kartu BPJS berasal dari berbagai sektor pekerjaan di seluruh kecamatan Kabupaten Samosir. Pendistribusian BPJS dilakukan berdasarkan usulan dari musyawarah desa dengan mempertimbangkan data untuk percepatan pengurangan kemiskinan ekstrim.

Dengan inisiatif ini, Pemerintah Kabupaten Samosir berharap dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, serta memperluas jaringan perlindungan sosial di tingkat lokal. Program BPJS gratis ini menjadi langkah awal yang diharapkan dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan keamanan finansial bagi pekerja rentan di daerah tersebut.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300