Aslab

Bupati Asahan Lepas Kontingen Pramuka Menuju Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023

183
×

Bupati Asahan Lepas Kontingen Pramuka Menuju Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan Lepas Kontingen Pramuka Menuju Raimuna Nasional ke XII Tahun 2023
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Dairi, 9/8 (Batakpost.com) – Bupati Asahan, melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Buwona Prawana, SIP, M.Si, dengan tulus melepas Kontingen Gerakan Pramuka Kwarcab Asahan untuk mengikuti perhelatan Raimuna Nasional (Rainas) ke XII Tahun 2023. Acara pelepasan ini berlangsung di Aula Melati Kantor Bupati Asahan dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting serta peserta kontingen yang berjumlah 46 orang.

Kontingen yang dilepas oleh Bupati Asahan terdiri dari 32 peserta, 4 Pimpinan Kontingen, 2 Pendamping, dan 10 unsur kontingen. Mereka akan bergabung dalam Raimuna Nasional yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada tanggal 13-21 Agustus 2023.

Agus Ramanda, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Asahan, dalam laporannya menyebutkan bahwa peserta Rainas ke XII Tahun 2023 berasal dari 12 Kwartir Ranting di berbagai wilayah Asahan. Kegiatan ini menjadi wadah bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk mengembangkan pengetahuan, memperluas wawasan, serta membangun semangat persatuan dan persahabatan.

Buwona Prawana, selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua/Ketua Komisi Bidang Humas Gerakan Pramuka Kwarcab Asahan, mengungkapkan pentingnya Raimuna sebagai ajang untuk pengembangan diri dan peningkatan kualitas anggota Pramuka. Ia menyoroti arti kata “Raimuna” yang berasal dari bahasa Ambai di Papua, mengandung makna sekumpulan orang dengan tujuan tertentu dan kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan.

“Pada tingkat nasional, Rainas menjadi peluang untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai persatuan. Melalui kegiatan ini, kita berharap para peserta dapat membawa pulang pengalaman berharga untuk kemajuan generasi muda,” kata Buwona Prawana.

Dalam pesannya kepada peserta Rainas, Buwona Prawana mengingatkan tentang pentingnya menjadikan kegiatan ini sebagai sarana belajar, berkarya, serta membangun semangat persatuan dan kebersamaan. Ia juga menekankan pentingnya ikut serta dalam seluruh rangkaian kegiatan Raimuna Nasional.

Acara pelepasan berlangsung dengan penuh semangat, diakhiri dengan penyerahan Bendera Kontingen oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat kepada Pimpinan Kontingen. Kegiatan ini menunjukkan komitmen Bupati Asahan dalam mendukung perkembangan dan pengembangan generasi muda melalui Gerakan Pramuka.