Aslab

Bupati Asahan Buka Bimbingan Teknis Peningkatan Nilai Implementasi SAKIP

118
×

Bupati Asahan Buka Bimbingan Teknis Peningkatan Nilai Implementasi SAKIP

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan Buka Bimbingan Teknis Peningkatan Nilai Implementasi SAKIP
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 4/6 (Batakpost.com) – Bupati Asahan, H. Surya BSc, membuka secara langsung bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan nilai implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Aula Melati, Kantor Bupati Asahan. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, pimpinan OPD, peserta Bimtek, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan H. Surya BSc menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek ini dengan harapan Pemerintah Kabupaten Asahan dapat meraih SAKIP dengan tingkat akuntabilitas kinerja “BB”.

“SAKIP memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan. SAKIP berfungsi sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam merancang program kegiatan,” ujar Bupati Surya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan, Pemerintah Kabupaten Asahan telah melakukan beberapa langkah strategis, termasuk penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Brawijaya di Malang. Kesepahaman ini mencakup peningkatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan.

Selain itu, Pemkab Asahan telah mengembangkan aplikasi SEMAKINPAS untuk penginputan dokumen perencanaan seperti pohon kinerja, renja, pagu anggaran, rencana aksi, laporan kinerja, perjanjian kinerja, dan indikator kinerja utama. Aplikasi ini berguna untuk mengetahui peringkat OPD berdasarkan beberapa aspek penilaian, capaian kinerja indikator tujuan, dan sasaran perangkat daerah.

Ada juga aplikasi ESAKA yang digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi keselarasan dokumen perencanaan, pemanfaatan laporan kinerja untuk memperbaiki kinerja tahun berikutnya, dan pemanfaatan hasil evaluasi internal untuk perbaikan akuntabilitas di perangkat daerah oleh Inspektorat Kabupaten Asahan.

“Kami juga telah beraudiensi dengan deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kemenpan RB. Ini adalah bagian dari komitmen Pemkab Asahan untuk mencapai target RPJMD 2021-2026 dengan tingkat akuntabilitas kinerja ‘BB’,” tambah Bupati Surya.

Dengan pelaksanaan Bimtek ini, Pemerintah Kabupaten Asahan berharap dapat terus meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan akuntabilitas kinerja untuk kesejahteraan masyarakat.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300