Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaKepulauan Nias

Yuliansah Andrias Tutup Ya’ahowu Digifest 2023, Wali Kota: BI Sibolga Sangat Berperan dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kepulauan Nias

254
×

Yuliansah Andrias Tutup Ya’ahowu Digifest 2023, Wali Kota: BI Sibolga Sangat Berperan dalam Pertumbuhan Ekonomi di Kepulauan Nias

Sebarkan artikel ini
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Gunungsitoli, 13/10 (Batakpost.com)- Pelaksanaan Ya’ahowu Digifest 2023 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga bekerja sama dengan lima Pemerintah Daerah di Kepulauan Nias selama dua hari berturut-turut, berlangsung sukses.

Kepala Perwakilan BI Sibolga Yuliansah Andrias menutup secara resmi acara tersebut disaksikan oleh Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Oimonaha Waruwu, bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkot Gunungsitoli, dan Kapolres Nias.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Dalam sambutannya Yuliansah menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat atas dukungan stakeholder yang ada di Kepulauan Nias, khususnya yang ada di Kota Gunungsitoli.

“Masyarakat begitu antusias mengikuti rangkaian acara yang kita laksanakan selama dua hari ini. Harapan kami dari BI Sibolga agar transaksi digitalisasi di Kepulauan Nias melompat lebih tinggi sesuai dengan tema kita “Kepulauan Nias Melompat Lebih Tinggi Melalui Sistem Pembayaran Digital,” kata Yuliansah, Jumat (13/10/3023) sembari menutup kegiatan yang dipusatkan di Taman Ya’ahowu Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Dijelaskan Yuliansah, kegiatan Ya’ahowu Digifest meliputi 3 agenda utama yaitu Ya’ahowu EduFair, Ya’ahowu Forum dan Ya’ahowu Culture & Entertainment.

Di bidang Ya’ahowu EduFair, BI mengedukasi masyarakat untuk bertransaksi secara nontunai, atau menggunakan kanal pembayaran QRIS. Bahkan BI menghadirkan booth atau stan yang melayani transaksi QRIS, di mana harga kopi yang dijual di booth tersebut hanya Rp 700 rupiah.

Di bidang Ya’ahowu Forum, BI menghadirkan seluruh Kepala Daerah yang ada di Kepulauan Nias untuk menandatangani kesepakatan untuk mempercepat akselerasi penggunaan transaksi digital baik di pemerintahan dan masyarakat.

Sedangkan di bidang Ya’ahowu Culture & Entertainment, BI mengajak kalangan seniman, seperti mengadakan lomba paduan suara yang dilaksanakan di Ya’ahowu Digifest 2023. Bahkan secara khusus BI mengedukasi Museum Nias untuk lebih edukatif agar masyarakat generasi muda semakin tertarik untuk mengenal dan mencintai budaya Nias.

Yuliansah menekankan kembali, dengan kegiatan Ya’ahowu Digifest 2023 yang sudah terlaksana dengan baik, dapat memberikan manfaat bagi kelima pemerintah daerah di Kepulauan Nias dan juga kepada masyarakat, agar lebih mengutamakan transaksi nontunai.

Wali Kota Gunungsitoli dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, mengaku sangat bangga dan berterima kasih kepada BI Sibolga yang sudah memberikan perhatian dan dukungan agar transaksi digital di Kepulauan Nias dapat melompat lebih tinggi.

“Apa yang dilakukan Bank Indonesia Sibolga sangat luar biasa bagi peningkatan ekonomi di Kepuluan Nias. Dan apa yang diharapkan BI, itu juga harapan kami,” kata Oimonaha Waruwu.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder yang hadir pada acara penutupan, bisa menjadi penyambung informasi tentang manfaat dan kemudahan transaksi digitital.

“Dengan kita bertransaksi menggunakan QRIS, maka kita telah turut membantu Pemda untuk mengurangi korupsi, karena tidak ada uang cash yang diterima,” tukasnya.

Acara penutupan Ya’ahowu Digifest ini juga diisi dengan hiburan yang menampilkan artis Anis Gea. (Jasgul)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS