Wow…BI Sibolga Gelar Webinar Berhadiah

Sibolga, 4/10 (Batakpost.com) – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Sumatera Utara, akan menggelar webinar bertajuk “Jou-jou Festival,” pada Selasa (5/10) pagi sekira pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Webinar yang berisikan edukasi dan sosialisasi secara interaktif ini dapat diikuti melalui linkzoom : http//bit.ly/TobaJouJouFestival/BISibolga dengan nomor ID:897 5039 5152, passcode : TOBAJOUJOU, menghadirkan narasumber, Wignyo Rahadi (Desainer Nasional) serta dari Kementerian Pariwisata, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindangan Konsumen BI.

Panitia menyediakan hadiah menarik top up uang digital bagi 100 orang yang viralkan kegiatan ini di Instagram dengan cara men-tag @bank_indonesia, @bank_indonesia_sibolga, dan lima temen lainnya serta hadiah lainnya.

Sementara opening remarks akan menghadirkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck), Ketua Dekranasda Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Anggota Komisi XI DPR RI, Sihar Sitorus, Kepala KPw BI Sumut, Soekowardojo, dan Kepala KPw BI Sibolga, Aswin Kosotali.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Aswin Kosotali, kegiatan ini terbuka bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota, Ketua Dekranasda, Dinas Pariwisata dan UMKM, Dinas Perdagangan, pelaku UMKM, pelaku usaha perhotelan, restoran/kuliner, cafe, souvenir/kerajinan etnik, travel, transportasi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), mahasiswa/i dan masyarakat di 16 Kabupaten/Kota wilayah kerja (Wilker) KPw BI Sibolga.

“Diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19 melalui berbagai sinergi program pemerintah, seperti: Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (GBWI),” ujarnya kepada wartawan, Senin (4/10).

Selain itu juga, katanya, kegiatan itu digelar dalam rangka mendukung flagship program BI, yakni Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 serta 12 Juta Merchant Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS),” ucap Aswin.

Sementara itu, Toba Jou-jou Festival ini sambung Aswin, dilaksanakan sejalan dengan misi yang dibawa oleh Program Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang dilakukan oleh kantor pusat BI untuk meningkatkan kapasitas dan akses pasar Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), serta sebagai bentuk dukungan BI pada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (Gernas BWI).

“Dari penyelenggaraan Toba Jou-jou Festival ini diharapkan dapat mendukung kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi COVID-19 saat ini untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional dan ekonomi daerah melalui program pengembangan UMKM, mendorong percepatan pemulihan pariwisata dan percepatan implementasi transaksi non tunai,” terangnya lagi.

Sedangkan tujuan kegiatan ini menurut Aswin, untuk menyosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM dan untuk memperluas akses pasar domestik maupun ekspor dengan mengenalkan produk UMKM berbasis kain tradisional dan kerajinan kepada calon pembeli (market place), yaitu masyarakat umum dan pihak-pihak yang terhubung dengan pasar ekspor, sebagai katalisator bagi pelaku usaha Industri Kreatif dalam meningkatkan kualitas produk sesuai tren pasar, sekaligus mendorong peningkatan nilai tambah melalui ekstensifikasi produk kain menjadi pakaian jadi bernilai jual tinggi.

Juga mendorong bangkitnya aktivitas perekonomian nasional melalui akselerasi transformasi digital UMKM,” tuturnya.

Masih kata  Aswin, kegiatan itu juga bertujuan untuk mengembangkan geliat pariwisata dan UMKM serta transaksi non tunai melalui kolaborasi dengan UMKM kreatif, pariwisata, dan implementasi QRIS serta TP2DD yang berkontribusi bagi perekonomian.

Serta untuk mengangkat awareness (kesadaran) masyarakat terhadap potensi pariwisata dan UMKM di Indonesia, serta bersama-sama mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Nasional Bangga Berwisata #diIndonesiaAja (GBWI),”.

Dalam rangkaian Toba Jou-jou Festival ini turut dipersembahkan, Fashion Show Virtual Tenun Tapanuli, Peresmian ‘Dedikasi Untuk Negeri’, Webinar dan Talk Show serta Hiburan dan Kuis Berhadiah. (red)