Samosir

Tim Monitoring TP PKK Provsu Kunjungi Tiga Desa Binaan di Samosir

100
×

Tim Monitoring TP PKK Provsu Kunjungi Tiga Desa Binaan di Samosir

Sebarkan artikel ini
Tim Monitoring TP PKK Provsu Kunjungi Tiga Desa Binaan di Samosir
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 3/6 (Batakpost.com) – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG), Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan ke tiga desa binaan PKK Kabupaten Samosir. Kehadiran tim ini disambut oleh Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, bersama Ketua TP PKK Kabupaten Samosir, Ny. Harta R. Martua Sitanggang, di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, pada Senin (3/6).

Acara ini turut dihadiri oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, Camat Harian P. Hartopo Manik, Pj. Kades Hariara Pohan Sampe Sihotang, TP PKK se-Kecamatan Harian, Konsorsium Samosir Mallatam Rikardo Simanjorang, dan beberapa perwakilan OPD.

Ketua PKK Provsu, yang diwakili oleh Ketua Pokja II Bida Sary Daulay, bersama tim melakukan monitoring di Desa Hariara Pohan sebagai desa binaan kategori UP2K. Dua desa lainnya adalah Desa Siopat Sosor di Kecamatan Pangururan untuk kategori Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) dan Desa Boho di Kecamatan Sianjur Mula-mula untuk kategori Aku Hatinya PKK.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, menekankan pentingnya peran PKK sebagai mitra pemerintah dalam mencapai target-target pembangunan, pelayanan, dan pembinaan kemasyarakatan. “Saya berharap program kerja TP PKK Provinsi Sumatera Utara selaras dan terintegrasi dengan program kerja PKK tingkat kabupaten hingga desa,” ucap Martua.

Martua juga menekankan perlunya sinergitas dengan berbagai pihak, termasuk PKK, dalam pembangunan di Kabupaten Samosir. Sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas, PKK diharapkan dapat mengimplementasikan 10 program pokok PKK sehingga masyarakat Samosir siap menjadi masyarakat tujuan wisata. “Dengan penerapan 10 program PKK yang diintegrasikan dengan program OPD, target penurunan stunting akan tercapai tahun ini,” tambah Martua.

Ketua Pokja II PKK Provsu, Bida Sari Daulay, menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan supervisi telah dilaksanakan dan monitoring ini merupakan agenda penting sebagai tanggung jawab berjenjang melalui 10 program pokok PKK. “Sistem koordinasi dan konsultasi dengan mitra kerja harus terlaksana dan berkelanjutan,” kata Bida Sari Daulay.

Bida Sari juga menambahkan bahwa terkait agenda program stunting, PKK akan melakukan gerakan penimbangan dan pengukuran serentak di seluruh posyandu demi Sumut hebat dan Indonesia maju. Diharapkan PKK Kabupaten Samosir aktif dalam berbagai perlombaan dalam rangka Harganas.

TP PKK Kabupaten Samosir, Ny. Harta R. Martua Sitanggang, mengatakan bahwa di era digital saat ini, pola asuh anak harus menjadi perhatian bersama. “Pola asuh anak dan remaja perlu peran orang tua serta PKK sebagai mitra pemerintah. Berbagai kegiatan prioritas PKK diharapkan mendapatkan dukungan lintas sektoral terutama OPD yang ada di Kabupaten Samosir,” ujarnya.

Acara ini juga mencakup sesi tanya jawab dan penilaian terhadap penyelenggaraan UP2K di Desa Hariara Pohan. Dari hasil monitoring di 33 kabupaten/kota di Sumut, TP PKK Provinsi Sumatera Utara akan memilih nominasi dan melakukan evaluasi.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300