Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Medan

Stabilitas Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Sumut Dijamin Aman Menjelang Idulfitri

101
×

Stabilitas Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Sumut Dijamin Aman Menjelang Idulfitri

Sebarkan artikel ini
Stabilitas Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Sumut Dijamin Aman Menjelang Idulfitri
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 3/4 (Batakpost.com) – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sumatera Utara (Sumut) melakukan pengecekan rutin di Pasar Petisah, Jalan Kota Baru 3, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan stok kebutuhan pokok menjelang Idulfitri 1445 H. Pengecekan ini menghasilkan temuan bahwa harga kebutuhan pokok umumnya stabil dan stok aman.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral Sumut, Mulyadi Simatupang, menyatakan kegiatan monitoring ini esensial untuk memastikan pasokan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, bawang merah, daging ayam, dan daging sapi tetap tersedia bagi masyarakat. Meskipun terdapat kenaikan harga pada bawang merah akibat terhambatnya distribusi, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak panik karena stok bahan pokok lainnya dijamin cukup.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Pihaknya bersama dengan Kepala Biro Perekonomian Setdaporvsu, Kepala Perum Bulog Sumut, Kepala KPPU Kanwil I Medan, dan sejumlah OPD lainnya, turut memantau langsung kondisi pasar. Para pedagang di pasar tersebut menyatakan kesediaan mereka untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan mengkonfirmasi bahwa pembelian masih cenderung sepi.

Dalam rangka memastikan harga bahan pokok tetap terjangkau, pemerintah akan melakukan inspeksi mendadak ke beberapa titik distribusi utama, seperti penggilingan padi dan distributor minyak goreng, untuk mengecek sumber kenaikan harga. Selain itu, akan ada koordinasi dengan PD Pasar Medan untuk menggelar pasar murah, guna menstabilkan harga beras dan minyak goreng.

Pedagang di Pasar Petisah, seperti Supri dan Cut Nurmala, mengakui bahwa meskipun ada sedikit kenaikan harga pada beberapa item seperti ayam potong dan bawang merah, pasokan secara umum terjaga. Namun, daya beli masyarakat terlihat menurun, sebuah kondisi yang diharapkan akan membaik menjelang Idulfitri.

Satgas Pangan Sumut berkomitmen untuk terus memantau situasi pasar dan memastikan bahwa tidak akan ada penimbunan barang yang bisa menyebabkan kelangkaan atau lonjakan harga. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan stabilitas harga dan ketersediaan stok kebutuhan pokok di Sumut akan tetap terjaga menjelang hari raya Idulfitri.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS