Aslab

Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dilaksanakan di Kab. Batubara

120
×

Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dilaksanakan di Kab. Batubara

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara Dilaksanakan di Kab. Batubara
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 13/6 (Batakpost.com) – Direktorat Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan menggelar kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang bertempat di Singapure City Hotel, Kabupaten Batubara. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan tokoh masyarakat, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan warga.

Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Bupati Asahan yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol, Ahmad Nizar Simatupang, ST. Dalam sambutannya, Nizar menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sikap mental dan perilaku warga negara yang sadar akan kewajiban bela negara, serta membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang tangguh dalam menghadapi berbagai ancaman guna mendukung Indonesia yang maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera.

“Bela negara tidak hanya berarti memegang senjata, tetapi juga menggunakan pemikiran cerdas di semua sektor untuk menjaga kedaulatan dan martabat bangsa. Oleh karena itu, bela negara menjadi tanggung jawab semua pihak dan seluruh komponen bangsa,” kata Nizar.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Brigjen TNI G. Eko Sunarto, S.Pdi., M.Si. Dalam amanatnya, Brigjen Eko Sunarto menekankan bahwa pembinaan kesadaran bela negara adalah tanggung jawab bersama seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan seluruh komponen bangsa. “Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” ujar Brigjen Eko.

Hadir dalam acara pembukaan ini antara lain Direktur Bela Negara Brigjen TNI Eko Sunarto, Bupati Asahan yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol, Kajari Asahan yang diwakili Kasubbag Pembinaan Yosua Parlaungan Lumbantobing, SH, Ketua PN yang diwakili Nelly, SH, Kepala BNN Andrea Retha Zulhelfi, Spd, MM, serta sejumlah pejabat militer dan sipil lainnya.

Pada kegiatan ini, peserta mendapatkan materi tentang Nilai-Nilai Dasar Bela Negara dan Rencana Induk Pembinaan Kesadaran Bela Negara 2020-2045, yang disampaikan oleh Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, Dr. SRM. Indah Permatas S, S.T., M.M. Selain itu, Kepala BNN Kabupaten Asahan, Andrea Retha Zulhelfi, S.Pd, M.M, menyampaikan materi tentang ancaman dan bahaya narkoba. Materi tentang bijak dalam bermedia sosial disampaikan oleh Kabid IKP Diskominfo Provsu, Harvina Zuhra, S.T.P, M.Si, serta materi tentang kearifan lokal sebagai bentuk bela negara disampaikan oleh Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Kesbangpol Provsu, Muhammad Andry Simatupang, S.STP, M.Si.

Sosialisasi ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari perangkat desa, kepala desa, camat, dan ASN. Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi, peserta dinyatakan sebagai Kader Bela Negara dan mendapatkan sertifikat.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300