Ratu Elizabeth Meninggal, Siapa Saja Pewaris Takhta Kerajaan Selanjutnya?

Nasional11 Dilihat

Jakarta, 9/9 (Batakpost.com)- Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 malam waktu Inggris. Lahir tahun 1926, sang ratu mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun.

Mendiang Ratu Elizabeth II memegang jabatan sebagai pemimpin negara dengan masa jabatan terpanjang dalam sejarah kerajaan Inggris. Sebelum meninggal dunia, sang ratu memerintah selama 69 tahun.

Dengan ini, Pangeran Charles pun resmi menduduki takhta selanjutnya. Charles kini mendapatkan gelar sebagai Raja Charles III.

BACA JUGA: Polres Sibolga Amankan Kantor Pos, Ini Alasannya

Hal ini membuat urutan pewaris takhta kerajaan Inggris ikut berubah. Sejauh ini sudah ada 26 orang yang masuk dalam daftar pewaris takhta kerajaan Inggris.

Berikut tujuh orang yang memiliki kemungkinan paling tinggi untuk meneruskan takhta kerajaan Inggris yang dilansir dari detik.com

1. Raja Charless III
Sejak dilahirkan, Charles sudah dipersiapkan untuk menduduki takhta. Ia adalah putra sulung dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Pangeran Charles sebelumnya menikah dengan Putri Diana yang meninggal dunia karena kecelakaan. Ia kemudian menikah dengan Camilla Parker Bowles yang kini mendapatkan gelar sebagai permaisuri.

2. Pangeran William
Pangeran William sejak lahir juga telah dipersiapkan untuk meneruskan takhta. Ia adalah putra pertama dari Raja Charles III dan mendiang Putri Diana.

Pangeran William pernah bekerja sebagai pilot helikopter Royal Air Force dan East Anglian Air Ambulance sebelum mundur pada 2017 untuk fokus pada tugas kerajaan. Ia kemudian menikah dengan Kate Middleton dan dikaruniai tiga orang anak.

BACA JUGA : Seminar Nasional Kemaritiman “Umrah dengan Kapal Laut dari Kota Sibolga” Sukses dan Mendapat Dukungan

3. Pangeran George
berada di urutan ketiga pewaris kerajaan selanjutnya. Sejak kecil, ia sudah kerap diikutkan dalam berbagai aktivitas kerajaan bersama ayah dan ibunya sebagai persiapan untuk menjadi raja.

Jika menjadi raja nantinya, Pangeran George bisa menyandang gelar Raja George VII.

4. Putri Charlotte

Sebagai anak kedua dari Pangeran William dan Kate Middleton, Putri Charlotte menduduki posisi yang cukup tinggi dalam urutan pewaris takhta. Ia menjadi perempuan pertama dan termuda dalam daftar urutan pewaris kerajaan Inggris.

Berdasarkan Succession to the Crown Act yang dibuat tahun 2013, seorang perempuan dari keturunan laki-laki pertama diperbolehkan masuk ke dalam daftar pewaris takhta. Namun aturan tersebut tak berlaku bagi keluarga kerajaan yang lahir sebelum tahun 2013.

5. Pangeran Louis

Sebagai anak ketiga dari Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis juga berhak masuk dalam jajaran pewaris takhta kerajaan Inggris. Walaupun begitu, Pangeran Louis, dan juga Putri Charlotte, tak memiliki beban sebesar Pangeran George yang sudah dipastikan akan menjadi raja jika waktunya tiba.

BACA JUGA : Masyarakat Terdampak Penyesuaian Harga BBM Terima Bansos dari Polres Tapteng

6. Pangeran Harry

Menjadi anak kedua Raja Charles III dan mendiang Putri Diana, tak berarti pangeran Harry berada di urutan pewaris tepat di bawah sang kakak, Pangeran William.

Apalagi, Pangeran Harry saat ini memutuskan untuk tinggal di Amerika Serikat bersama sang istri, Meghan Markle, dan kedua anaknya. Namun, ia tetap berada di jajaran pewaris takhta kerajaan Inggris.

7. Archie Harrison

Archie Harrison adalah putra pertama Pangeran Harry dan Meghan Markle. Walaupun tidak berada di posisi yang mencolok, namun Archie masih berhak untuk mewarisi takhta dan berada di jajaran pewaris seperti ketiga sepupunya. (dtc)