Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
News

Presiden Jokowi Memastikan Penyaluran BLT El Nino kepada Warga di Jawa Tengah

137
×

Presiden Jokowi Memastikan Penyaluran BLT El Nino kepada Warga di Jawa Tengah

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi Memastikan Penyaluran BLT El Nino kepada Warga di Jawa Tengah
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 3/1 (Batakpost.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan kunjungan kerja di Jawa Tengah dan secara langsung menemui warga penerima manfaat sebagai bagian dari penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) El Nino. Pertemuan tersebut berlangsung di dua lokasi, pertama di Gudang Bulog Klahang, Banyumas, dan kedua di Gudang Bulog Munjung Agung, Kabupaten Tegal.

Dalam pertemuan di Gudang Bulog Klahang, Jokowi memastikan bahwa BLT El Nino diberikan untuk membantu masyarakat menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang. Presiden menjelaskan bahwa bantuan ini tidak diberikan secara selektif, namun kepada warga yang memang membutuhkan.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


“Karena ini memang BLT khusus, tidak semuanya dapat, tapi tidak juga dipilih, nggak juga,” ujar Jokowi di hadapan para penerima manfaat.

Jokowi menegaskan bahwa penyaluran bantuan ini akan dilakukan hingga Maret 2024 sebagai respons terhadap kondisi sulit akibat musim panjang. “Berarti ini bulan Januari sudah dapat semua? Sudah terima semuanya? Januari nanti dapat, Februari dapat lagi, Maret dapat lagi,” lanjutnya.

Presiden juga memberikan penjelasan bahwa bantuan akan dilanjutkan hingga bulan Juni 2024, jika anggaran dalam APBN mencukupi. “Kalau nanti APBN-nya saya hitung dulu memungkinkan nanti April, Mei, Juni bisa kita teruskan lagi,” ujarnya.

Pada lokasi kedua di Gudang Bulog Munjung Agung, Kabupaten Tegal, Jokowi memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada para penerima manfaat. Warga yang hadir merupakan penerima manfaat tambahan, dan bantuan pangan yang diterima pada kesempatan tersebut merupakan yang pertama.

“Saya ingin menanyakan, semuanya sudah dapat yang 10 kilo? Sudah dipegang semuanya?” tanya Jokowi kepada para penerima manfaat.

“Sudah, Pak,” jawab warga serentak.

Jokowi menjamin bahwa upaya pemerintah untuk melanjutkan bantuan serupa hingga bulan Juni akan disesuaikan dengan kondisi APBN. “Nanti kalau APBN-nya saya lihat mencukupi, dilanjutkan lagi ke April, Mei, Juni, setuju, mboten?” tambahnya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS