News

Gempa Bumi Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Sumedang

141
×

Gempa Bumi Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Sumedang

Sebarkan artikel ini
Gempa Bumi Magnitudo 3,5 Guncang Kabupaten Sumedang
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 18/5 (Batakpost.com) – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 3,5 mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu dini hari (18/5/2024). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa pusat gempa berada di darat, tepatnya 5 km timur laut Kabupaten Sumedang.

Gempa terjadi pada pukul 02.54 WIB dengan titik koordinat 6,82 Lintang Selatan (LS) dan 107,94 Bujur Timur (BT), pada kedalaman 4 kilometer.

Getaran gempa dirasakan di berbagai wilayah di sekitar Sumedang. Berdasarkan laporan BMKG, skala MMI (Modified Mercalli Intensity) mencatat intensitas gempa sebagai berikut:

MMI III-IV di Sumedang Utara dan Sumedang Selatan
MMI III di Cimalaka, Situraja, dan Jatimulya
MMI II di Bandung
Pada skala MMI II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III menunjukkan getaran yang dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan skala MMI IV menggambarkan getaran yang dirasakan oleh orang banyak di dalam rumah pada siang hari, beberapa orang di luar rumah, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan signifikan atau korban akibat gempa ini. Pihak berwenang terus memantau situasi dan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang serta mengikuti perkembangan informasi dari sumber resmi.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300