Berita UtamaNasional

Presiden Jokowi Dukung Rencana Pemprov Sulsel Bangun Pasar Induk Beras

235
×

Presiden Jokowi Dukung Rencana Pemprov Sulsel Bangun Pasar Induk Beras

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo meninjau ketersediaan stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Kamis, 30 Maret 2023. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Sumsel, 30/3 (Batakpost.com)- Pada Kamis, 30 Maret 2023, Presiden Joko Widodo menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah daerah untuk membangun pasar induk beras di Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini disampaikan usai Presiden meninjau stok beras di Gudang Bulog Batangase, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Presiden mengatakan bahwa adanya pasar induk akan membantu dalam mengontrol stok dan perputaran uang di sektor perberasan. Selain itu, pasar tersebut akan memudahkan para petani dalam menjual hasil pertanian mereka.

Di samping itu, penyerapan beras oleh Bulog di Sulawesi Selatan mengalami penurunan yang cukup drastis pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh penyerapan beras dari Sulawesi Selatan ke provinsi lain yang meningkat secara signifikan.

Pemerintah menargetkan penyerapan cadangan beras pemerintah (CBP) oleh Bulog mencapai 2,4 juta ton pada tahun ini secara nasional. Oleh karena itu, Presiden menegaskan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk memastikan ketersediaan beras di seluruh provinsi di Indonesia dan berharap stok di setiap provinsi tetap pada kondisi normal.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Utama Bulog Budi Waseso, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Bupati Maros Chaidir Syam dalam peninjauan tersebut. (BPMI Setpres)

banner 325x300