Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Medan

Pj. Gubernur Sumatera Utara Targetkan Raih Predikat WTP untuk Laporan Keuangan 2023

89
×

Pj. Gubernur Sumatera Utara Targetkan Raih Predikat WTP untuk Laporan Keuangan 2023

Sebarkan artikel ini
Pj. Gubernur Sumatera Utara Targetkan Raih Predikat WTP untuk Laporan Keuangan 2023
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 28/3 (Batakpost.com) – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, menegaskan target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023. Opini WTP ini diharapkan menjadi yang ke-10 berturut-turut yang diperoleh oleh Pemprov Sumut, menandakan konsistensi dalam menyusun laporan keuangan yang akuntabel.

Pernyataan tersebut disampaikan Hassanudin usai menyerahkan LKPD Unaudited TA 2023 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Medan. Menurutnya, meraih WTP untuk kesepuluh kalinya berturut-turut akan menjadi bukti nyata konsistensi Pemprov Sumut dalam menyusun laporan keuangan yang memenuhi standar akuntansi yang berlaku.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


“Hal ini menunjukkan konsistensi kita menyusun laporan keuangan yang akuntabel, sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Hassanudin.

Hassanudin juga meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov untuk mempertahankan prestasi ini dan menjadikan predikat WTP sebagai bagian dari budaya birokrasi dan tanggung jawab pengelolaan keuangan negara. Dia juga berharap agar Pemprov Sumut terus mendapatkan masukan dan saran dari BPK, baik untuk Pemprov Sumut maupun kabupaten/kota di wilayah tersebut.

“Kita pertahankan hingga menjadi budaya (WTP), termasuk pemerintah kabupaten/kota, karena itu kami butuh saran dan masukan dari BPK agar kami khususnya bisa mempertahankan capaian kami,” tambah Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPK RI Sumut, Eydu Oktain Panjaitan, menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti LKPD TA 2023 Pemprov Sumut. Dia juga berharap dukungan dari seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) agar BPK dapat menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu.

“Kami tentu akan menindaklanjuti LKPD ini dan kami juga butuh kerja sama dari seluruh Pemda agar tugas-tugas kami selesai tepat waktu,” ungkap Eydu Oktain Panjaitan.

Acara penyerahan LKPD Unaudited TA 2023 ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Arief S Trinugroho, Inspektur Pemprov Sumut Lasro Marbun, jajaran BPK RI Perwakilan Sumut, serta OPD terkait Pemprov Sumut.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS