Pj Bupati: Sumpah Pemuda Memberikan Pembelajaran Untuk Saling Menghargai Perbedaaan

Tapanuli Tengah133 Dilihat

Pandan, 28/10 (Batakpost.com)- Sumpah Pemuda memberikan pembelajaran bagi kita untuk menghargai perbedaan, baik itu perbedaan suku, bahasa dan agama, dan bukan untuk saling melemahkan melainkan untuk saling menguatkan.

Demikian disampaikan Pj Bupati Tapanuli Tengah Yetty Sembiring, S.STP, MM saat membacakan amanat Menteri Pemuda Olahraga dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (28/10/2022).

Sumpah Pemuda ke-94 diperingati dengan sederhana yang di langsungkan di lapangan sepak bola Gedung Serbaguna Pandan. Barisan pakaian adat pemuda dan pasukan penggerak bendera mewarnai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca Juga:  Pemkab Tapteng Lakukan Optimalisasi Pelaksanaan Program Kesehatan Nasional

Lebih lanjut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam amanatnya menyampaikan, bahwa sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

BACA JUGA: Pj Bupati Ambil Langkah Konkret Untuk Pengendalian Inflasi di Tapanuli Tengah

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Adapun yang menjadi tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini kata Menteri, “Bersatu Bangun Bangsa”.

Baca Juga:  The Christmas Season Hadir di Alun-alun Kota Pandan

Tema ini menurutnya memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” tandasnya.

BACA JUGA: Tinjau Pembangunan Infrastruktur IKN, Presiden: Ini Progres yang Baik

Baca Juga:  Polres Tapteng Buru dan Amankan Septor Knalpot Blong

Pada upacara Hari Sumpah Pemuda ini, turut juga dibacakan teks UUD 1945 dan Pembacaan Sumah Pemuda oleh para Pemuda Tapanuli Tengah dengan menggenakan pakaian adat dari berbagai daerah yang ada di Tapanuli Tengah.

Turut hadir dalam upacara ini Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Jimmy Christian Samma, mewakili Dandim, mewakili Dansatradar 234 Sibolga, Mewakili Danlanal Sibolga, KNPI, Pemuda Pancasila, dan organisasi Pemuda lainnya, ASN dan juga Anggota DPRD Tapanuli Tengah. (red)