Pj Bupati: Kalau Sakit, Berobat ke RSUD Pandan Saja

Pandan, 20/1 (Batakpost.com)- Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas Nainggolan mengimbau seluruh masyarakat Tapanuli Tengah (Tapteng) jika sakit datang berobat ke RSUD Pandan saja. Ajakan itu disampaikan Elfin setelah dia melihat dan merasakan langsung bagaimana pelayanan dan kelengkapan fasilitas dan tenaga medis di RSUD milik Pemkab Tapanuli Tengah itu.

“Saya minta kita semua agar mempromosikan rumah sakit kita ini, karena fasilitas dan layanan serta tenaga medis sudah ok. Termasuk para dokter sepesialis dan ruangan laboratorium serta ruangan Poli sudah tersedia di RSUD Pandan. Jadi tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke luar daerah, cukup ke RSUD Pandan saja,” ajak Pj Bupati waktu berkunjung ke RSUD Pandan, Kamis (19/1/2023).

Baca Juga:  SMAN 2 Tukka Lengkapi Kemampuan Siswanya Melalui Kegiatan Persami

Dia juga tidak menginginkan masyarakat untuk sakit, tetapi kalau ada masyarakat yang sakit, agar dirujuk ke RSUD Pandan, jangan langsung ke Medan atau ke luar daerah.

“Apalagi pasien BPJS Kesehatan, dirujuk saja ke RSUD Pandan, sehingga uang yang dari BPJS itu berputar di rumah sakit ini, tidak ke rumah sakit yang lain. Dan saya pesankan juga agar masyarakat kita yang belum membayar BPJS Kesehatan baik yang mandiri maupun yang dari APBD agar diingatkan,” pesan Pj Bupati.

Dia juga meminta kepada para camat, agar mereka menjadi duta kesehatan di kecamatan masing-masing termasuk para ibu-ibu PKK, dengan cara mempromosikan keberadaan RSUD Pandan yang semakin hari semakin berbenah.

Baca Juga:  Pemkab Tapteng Bersama Bulog Sibolga Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng di Kecamatan Badiri

Menurut Elfin, hanya perspektif saja yang bilang RSUD Pandan tidak keren, namun nyatanya RSUD Pandan memang bagus, karena RSUD Pandan telah memiliki 4 program utama, yaitu; Upaya kesehatan, Bagaimana perbaikan alat-alat medis, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Promisi kesehatan.

Untuk itu dia menekankan, bahwa upaya kesehatan itu adalah urusan yang mendasar. Mau tidak mau, setiap orang yang datang ke RSUD Pandan harus dilayani. Jika tidak memiliki uang agar dilayani dengan BPJS Kesehatan.

Baca Juga:  Pemberdayaan Masyarakat di Desa Aek Garut Sangat Bermanfaat

“Saya minta agar data-data BPJS Kesehatan itu diperbaiki sehingga tidak ada kendala ketika datang berobat ke RSUD Pandan. Yang BPJS mandiri dicek kenapa menunggak, demikian juga dengan BPJS yang ditanggung APBD apa kendala sehingga terjadi tunggakan. Artinya, kita harus bergerak untuk mendata itu, agar layanan kesehatan lancar,” tandasnya.

Di akhir kunjungannya, Pj Bupati mengucapkan terima kasih atas kinerja pada tahun 2022. Semoga tahun 2023 bisa bekerja lebih baik lagi dari tahun yang lalu. Lebih melayani lagi, dan lebih dekat dengan masyarakat. “Selamat atas upaya kerja keras di bidang kesehatan,” pungkasnya. (red)