Pemkot Sibolga Sah Gunakan e-Retribusi Sistem dan Pajak Daerah

Sibolga, 16/4 (Batakpost.com)- Untuk mengoptimalkan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pembayaran retribusi dan pajak daerah, Pemerintah Kota Sibolga (Pemkot) di bawah pimpinan Jamaluddin Pohan dan Pantas Lumbantobing sah menerapkan e-Retribusi Sistem dan Pajak Daerah.

Launching program ini digelar Wali Kota Sibolga bersama dengan Bank Indonesia Sibolga, pada hari Kamis ( 14/4), di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga, Sumatera Utara.

“Dengan menggunakan sistem pembayara elektronik, maka Pemkot Sibolga akan lebih mudah mengontrol pemasukan PAD dari pembayaran pajak dan retribusi,” kata Wali Kota di sela-sela acara launching.

BACA JUGA: Letkol Cahyo Pamungkas Resmi Jabat Komandan Lanal Sibolga

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sibolga, Aswin Kosotali mengatakan, implementasi sistem digitalisasi transaksi keuangan pemerintah daerah dapat membantu Pemkot Sibolga untuk mengontrol pemasukan PAD dari berbagai sumber, sekaligus dapat menanggulangi penyebaran COVID-19.

“Transaksi secara nontunai sejalan dengan konsep era new normal. Dan merupakan bagian dari pelaksanaan roadmap TP2DD yang telah disusun oleh Pemerintah Kota Sibolga dalam rangka mendukung kemajuan fiskal Kota Sibolga,” kata Aswin.

Direktur Pemasaran Bank Sumatera, Hadi Sucipto menyatakan pihaknya akan mendukung Pemkot Sibolga untuk kemajuan implementasi sistem digitalisasi transaksi keuangan daerah.

“Dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, Bank Sumut siap untuk melakukan kolaborasi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam implementasi transaksi pebayaran retribusi dan pajak daerah secara elektronik di Sibolga,” ujarnya. (red)