Medan

Pemko Medan Mengapresiasi Seminar Nasional Al-Washliyah Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah

170
×

Pemko Medan Mengapresiasi Seminar Nasional Al-Washliyah Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah

Sebarkan artikel ini
Pemko Medan Mengapresiasi Seminar Nasional Al-Washliyah Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah
Example 300x600

Medan, 24/9 (Batakpost.com) – Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan) mengungkapkan apresiasi mereka terhadap diselenggarakannya seminar nasional oleh Al-Washliyah dengan tema “Menggagas Strategi Kebudayaan Dalam Optimalisasi Dakwah Al-Washliyah.” Acara ini berlangsung di Hotel Saka pada Sabtu (23/9/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan, Laksamana Putra Siregar, yang diwakili oleh Kabid PAUD dan PNF Disdikbud Kota Medan, Ismail Marzuki Siregar, menyampaikan apresiasi tersebut ketika hadir sebagai salah satu peserta dalam acara seminar tersebut.

Dalam sambutannya, Marzuki menyoroti nilai-nilai agama Islam yang merupakan rahmat bagi seluruh alam. Meskipun begitu, agama Islam senantiasa menekankan prinsip bahwa tidak ada pemaksaan terhadap individu-individu dari agama atau kepercayaan lain untuk mengikuti ajaran Islam. Dalam pelaksanaan dakwahnya, Islam selalu mengacu pada ajaran Al-Qur’an yang menyatakan, “bagimu agamamu, bagiku agamaku,” menjadikan dakwah dalam Islam sebagai proses yang penuh keikhlasan tanpa adanya paksaan.

Marzuki juga mencatat pentingnya strategi berbeda dalam melakukan dakwah, mengingat setiap generasi memiliki preferensi yang berbeda dalam menerima pesan-pesan dakwah. Saat ini, generasi muda lebih cenderung menerima dakwah melalui media sosial, seperti platform YouTube, yang memberikan mereka kebebasan untuk mencari materi dakwah sesuai dengan kebutuhan dan minat pribadi mereka.

“Strategi yang berbeda harus diterapkan dalam berdakwah kepada berbagai kelompok, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, laki-laki, hingga perempuan. Hal ini memungkinkan pesan dakwah untuk diterima dengan tangan terbuka dan hati yang tulus, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan umat dalam semua aspek kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat,” ujar Marzuki.

Dengan digelarnya seminar nasional ini, Marzuki berharap Al-Washliyah Kota Medan akan mampu memperluas jangkauan dan dampak positif dakwah yang mereka lakukan.

“Kami berharap bahwa seminar nasional yang diadakan oleh Pengurus Daerah Al-Jam’iyatul Washliyah Kota Medan ini akan membuka lebih banyak jalan untuk dakwah kita, sehingga pesan-pesan dakwah kita dapat diterima dengan tangan terbuka oleh berbagai golongan yang menjadi target dakwah kita,” tambahnya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS