Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Medan

Pemko Medan Dukung Program Masjid Mandiri untuk Kesejahteraan Masyarakat

77
×

Pemko Medan Dukung Program Masjid Mandiri untuk Kesejahteraan Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pemko Medan Dukung Program Masjid Mandiri untuk Kesejahteraan Masyarakat
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 26/3 (Batakpost.com) – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar masjid, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengambil langkah strategis dengan menggalakkan program Masjid Mandiri. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, saat mewakili Wali Kota Medan, Bobby Nasution dalam acara Safari Ramadan yang diselenggarakan di Masjid Jami’ di Jalan Sentosa, Kecamatan Medan Perjuangan.

Program Masjid Mandiri, yang telah dimulai oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, bertujuan untuk tidak hanya menjadikan masjid sebagai pusat ibadah, tapi juga sebagai pusat pengembangan ekonomi umat. Aulia Rachman menyatakan bahwa terdapat beberapa Badan Kemakmuran Masjid (BKM) yang masih mengalami kesulitan dalam menjalankan program ini. Oleh karena itu, ia meminta jajaran Pemko Medan untuk melakukan pendampingan dan edukasi kepada para BKM agar program tersebut dapat berjalan dengan efektif.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


“Sistem Masjid Mandiri ini bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat, dengan mengubah masjid menjadi pusat perekonomian, termasuk melalui pendirian koperasi Masjid,” ujar Aulia Rachman. Ia juga menambahkan bahwa Pemko Medan telah memberikan bantuan dalam pengurusan sertifikat pendirian koperasi masjid.

Dalam kesempatan tersebut, Aulia Rachman juga berpesan kepada Camat dan seluruh jajarannya untuk bekerja dengan baik dan harus jeli dalam melihat kondisi masyarakat. “Manfaatkan digitalisasi dan hilangkan ego sektoral, jangan sampai ada masyarakat kita yang kelaparan. Saya yakin dengan begitu, kepercayaan masyarakat akan semakin meningkat kepada Pemerintah,” pesan Aulia Rachman.

Sebagai bentuk dukungan Pemko Medan, Aulia Rachman menyerahkan sejumlah bantuan termasuk bantuan pembangunan Masjid sebesar Rp50 juta, bantuan sosial Rp 10 juta beserta paket Ramadan, serta bantuan lainnya seperti budidaya ikan dalam ember, bibit cabai, buku, rak buku dengan barcode e-perpus, dan perlengkapan tenis meja. Tidak ketinggalan, santunan juga diberikan kepada 50 anak yatim piatu di Kecamatan Medan Perjuangan.

Ketua BKM Masjid Jami’, Ansori, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution, atas berbagai bantuan yang telah diberikan. “Ini merupakan pertama kalinya Masjid kami dipilih sebagai tempat pelaksanaan Safari Ramadan Pemko Medan,” ungkap Ansori, mengungkapkan apresiasinya.

Inisiatif Pemko Medan ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak lagi masjid di wilayah tersebut untuk mengikuti jejak Masjid Mandiri, sehingga dapat turut serta dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS