Medan

Pembukaan Pekan Olahraga Kota Medan ke-14 Tahun 2024

139
×

Pembukaan Pekan Olahraga Kota Medan ke-14 Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Pekan Olahraga Kota Medan ke-14 Tahun 2024
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 16/6 (Batakpost.com) – Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan ke-14 tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, di Lapangan Balai Desa, Jalan Beringin 2, Kecamatan Medan Helvetia, pada Sabtu (15/6/2024). Acara pembukaan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wali Kota Medan, diikuti dengan penyalaan obor Porkot oleh dua atlet berprestasi asal Kota Medan yang telah mengukir prestasi di tingkat internasional.

Dalam sambutannya di hadapan ribuan atlet dari 21 kecamatan se-Kota Medan, Bobby Nasution menekankan pentingnya Porkot sebagai ajang untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di bidang olahraga, dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Saya pahami kegiatan Porkot ini sangat penting sekali untuk mencapai cita-cita besar bangsa Indonesia, yakni menjadikan Indonesia emas di tahun 2045. Ketika itu, Kota Medan akan menjadi kota global, kota yang bertaraf internasional. Untuk itu, kita harus bisa memastikan SDM yang ada di Kota Medan juga bisa sama-sama mencapai Indonesia Emas 2045. Salah satu upaya yang kita lakukan adalah bagaimana menyiapkan fisik dan mental agar kita bisa sama-sama menyongsong perkembangan zaman dan teknologi yang salah satunya melalui olahraga,” ujar Bobby Nasution.

Bobby Nasution juga berpesan kepada para atlet yang akan bertanding agar menjaga disiplin baik di dalam maupun di luar lapangan. Menurutnya, disiplin di lapangan akan menghasilkan prestasi, sedangkan disiplin di luar lapangan akan menjadi etika dalam kehidupan sehari-hari.

“Disiplin dalam kehidupan sehari-hari akan membantu kita menjadi manusia yang unggul sehingga kita tidak hanya menjadi juara, melainkan juga membantu kita semua untuk mencapai Indonesia Emas 2045,” tambah Bobby Nasution.

Acara pembukaan Porkot Medan ke-14 semakin meriah dengan adanya defile yang diikuti kontingen dari 21 kecamatan se-Kota Medan. Defile diawali dengan barisan kontingen dari Kecamatan Medan Belawan, disusul oleh Medan Barat, Medan Denai, Medan Baru, dan seterusnya hingga seluruh kecamatan se-Kota Medan.

Setelah defile, acara dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir oleh Camat Medan Amplas, Andrew Fransiska Ayu, selaku juara umum pada Porkot Medan ke-13 kepada Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang kemudian diserahkan kembali kepada Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani, untuk diperebutkan pada Porkot Medan ke-14.

Ketua KONI Medan, Eddy H Sibarani, dalam laporannya menyampaikan bahwa Porkot Medan ke-14 tahun 2024 diikuti oleh 3.302 atlet dan 768 official yang akan bertanding di 23 cabang olahraga, mewakili kontingen dari 21 kecamatan di Kota Medan.

“Porkot kali ini diikuti oleh atlet-atlet Kota Medan lapis kedua, karena pada saat yang bersamaan ada 642 atlet Kota Medan yang dipersiapkan untuk mengikuti PON ke-21 tahun 2024 yang nantinya akan membawa nama Sumatera Utara dan Kota Medan,” jelas Eddy H Sibarani.

Pembukaan Porkot Medan ke-14 turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Medan, Pj Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting, Ketua KONI Provinsi Sumut, pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan, serta para camat se-Kota Medan.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300