Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Lintas Sumut

Pelepasliaran Harimau Sumatera “Ambar” dan “Beru Situtung” ke TNGL Dihadiri Pj Bupati Langkat dan Pejabat Tinggi KLHK

158
×

Pelepasliaran Harimau Sumatera “Ambar” dan “Beru Situtung” ke TNGL Dihadiri Pj Bupati Langkat dan Pejabat Tinggi KLHK

Sebarkan artikel ini
Pelepasliaran Harimau Sumatera "Ambar" dan "Beru Situtung" ke TNGL Dihadiri Pj Bupati Langkat dan Pejabat Tinggi KLHK
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Langkat, 6/3 (Batakpost.com) – Pelepasliaran Harimau Sumatera bernama “Ambar” dan “Beru Situtung” ke Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) diselenggarakan di Pangkalan TNI AU Lanud Suwondo Medan pada Rabu (6/3/2024), dengan kehadiran sejumlah pejabat tinggi dan tokoh terkait.

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Ibu Siti Nurbaya, Mr. Goldsmith, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, serta Pj Bupati Langkat yang diwakili oleh Sekdakab Langkat Amril, S.Sos, M.AP, dan sejumlah pejabat lainnya dari KLHK, BKSDA Sumut, Lanud Suwondo, dan Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SIK SH.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Pelepasliaran Harimau Sumatera merupakan langkah nyata dalam penyelamatan satwa liar dari konflik satwa dan manusia, dengan mengembalikan mereka ke habitat aslinya di TNGL. Kegiatan ini menggunakan tiga helikopter dari TNI Angkatan Udara dan Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

“Ambar” dan “Beru Situtung” adalah dua harimau betina yang telah diselamatkan dari berbagai lokasi, seperti Dusun Aras Napal Desa Bukit Mas Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat dan kawasan hutan lindung sungai tengah Aceh Selatan. Mereka dilepasliarkan di TNGL, sebuah habitat yang jauh dari aktivitas manusia dan masih terjaga keasriannya.

Dalam arahannya, Menteri KLHK, Ibu Siti Nurbaya, menyampaikan apresiasi tinggi atas kegiatan ini sebagai upaya dalam mencegah kepunahan satwa tersebut. Dia juga menekankan pentingnya konservasi untuk menjaga keanekaragaman hayati, yang merupakan modalitas penting dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS