Menko Luhut Harapkan Satu Juta Turis pada Event F1 H2O di Toba

Tarutung, 18/1 (Batakpost.com)- Perhelatan F1 Power Boat Lake Toba yang akan dilangsungkan mulai tanggal 24-26 Februari 2023 di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, diharapkan mendatangkan 1 juta turis ke Toba.

Harapan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pada acara Ibadah Syukuran Awal Tahun Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, Tapanuli Utara, pada 7 Januari 2023.

Dalam sambutannya Luhut mengatakan, bahwa tahun ini saja jumlah turis yang datang ke Toba sebanyak 875 ribu. Dan dengan adanya event F1 H2O diharapkan jumlah turis yang datang 1 juta orang.

Baca Juga:  Bupati Bakhtiar Promosikan Keindahan Pariwisata Tapteng dan Keragaman Budaya

“Dengan datangnya nanti 1 juta orang turis ke Toba, maka sekitar Rp 2 triliun uang akan berputar di Toba. Jadi melihatnya seperti itu. Makanya saya kemarin sampaikan ke Bupati Toba agar UMKM itu dihidupkan,” kata Luhut.

Dalam menyambut event internasional ini, pemerintah maupun masyarakat dilibatkan untuk menyukseskan, mengingat Indonesia baru pertama kali menjadi tuan rumah lomba ini.

Berbagai persiapan dan pemantapan juga sudah dilakukan di kawasan Danau Toba.

Untuk diketahui, Danau Toba merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Hal ini menjadi target untuk mendatangkan perekonomian dari kehadiran wisatawan mancanegara.

Baca Juga:  Bupati Nikson Sampaikan Proposal Universitas Negeri Tapanuli Raya Kepada Menteri Agama

Kawasan Danau Toba yang mencakup delapan kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Utara meliputi Kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasudutan, Samosir, Pakpak Bharat dan Dairi, akan mampu merasakan dampak dari kegiatan tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno telah mempersiapkan sejumlah dukungan untuk memperlancar terselenggaranya F1H2O.

Sejumlah dukungan yang diberikan misalnya konektivitas dan rekayasa lalu lintas selama masa pelaksanaan F1H2O di Balige.

Menyusun rencana alur kedatangan wisatawan dari berbagai jalur masuk menuju Balige, sehingga tetap dapat dipastikan kondisi lalu lintas aman dan lancar saat penyelenggaraan event tersebut.

Baca Juga:  3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku

Dari segi kehadiran prasarana, dalam pelaksanaan F1H2O didukung dengan keberadaan Pelabuhan Balige, Tigaras, Ajibata, Ambarita, Muara, Tongging, Simanindo, dan Bakara yang saat ini telah beroperasi.

Untuk moda angkutan juga beroperasi KMP di Danau Toba dan siap untuk melayani wisatawan. Sebanyak 5 sarana kapal pendukung seperti KMP Asa-Asa, KMP Jurung-Jurung, KMP Kaldera Toba, KMP Pora-Pora, dan KMP Ihan Batak (red)