Medan

Ketua TP PKK Kota Medan Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional di Solo

146
×

Ketua TP PKK Kota Medan Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional di Solo

Sebarkan artikel ini
Ketua TP PKK Kota Medan Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional di Solo
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 17/5 (Batakpost.com) – Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Medan, menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 dan Jambore Nasional Kader PKK tahun 2024 di Taman Balekambang Solo pada Kamis malam.

Acara puncak ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, didampingi oleh Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, serta sejumlah pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Peringatan yang mengusung tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” ini berlangsung dari 14 hingga 16 Mei di Kota Solo, Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengucapkan selamat memperingati HKG PKK ke-52 kepada seluruh ketua dan kader TP PKK se-Indonesia. “Selamat HKG PKK ke-52,” kata Ibu Negara.

Ibu Negara juga berinteraksi dengan para kader melalui beberapa pertanyaan, seperti nama Ketua Umum PKK periode 2019-2024 dan tanggal peringatan HKG PKK. Kader yang berhasil menjawab dengan benar mendapatkan hadiah sepeda yang diberikan langsung oleh Ibu Negara dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, menyampaikan bahwa PKK telah berperan aktif dalam berbagai program, seperti perencanaan program ketertiban administrasi, pelaporan kegiatan, dan program keluarga sehat tanpa narkoba. Selain itu, program penanaman unggul pada anak untuk mencapai generasi emas dan pembinaan terhadap industri rumahan untuk ketahanan ekonomi keluarga juga menjadi fokus PKK.

“PKK juga melaksanakan program penurunan angka stunting bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui pemberian makanan tambahan dan pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman yang membantu keluarga,” jelas Tri.

Tri juga menambahkan bahwa PKK berperan dalam menurunkan angka inflasi dengan gerakan menanam cabai dan meningkatkan keterampilan rumah tangga serta harmonisasi keluarga. “Pelaksanaan program keluarga sehat dan tangguh bencana melalui proyek peduli stunting, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta peduli kesehatan ibu dan anak (KIA) telah memilih sembilan provinsi terbaik dalam pelaksanaannya,” tambahnya.

Puncak Peringatan HKG PKK ke-52 dan Jambore Nasional PKK tahun 2024 di Solo dimeriahkan oleh berbagai lomba untuk kader PKK dari seluruh Indonesia, termasuk lomba Senam Kreasi 6 Langkah Cuci Tangan, Masak Pangan Lokal Sumber Karbohidrat non Beras, Yel-Yel, Parade Budaya Nusantara, Cerdas Cermat Kader PKK, serta Kreasi Jingle Galeri Pelangi.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300