Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Medan

Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Mengoptimalkan Lahan Tidur Menjadi Lumbung Hidup

133
×

Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Mengoptimalkan Lahan Tidur Menjadi Lumbung Hidup

Sebarkan artikel ini
Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Mengoptimalkan Lahan Tidur Menjadi Lumbung Hidup
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Medan, 22/2 (Batakpost.com) – Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, yang berada di Kecamatan Medan Timur, mencatat keberhasilan dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur atau pekarangan menjadi warung hidup, lumbung hidup, dan apotek hidup. Langkah ini sukses menarik perhatian Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Medan.

Kehadiran Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution dalam rangka monitoring Lomba Hatinya PKK di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru disambut oleh berbagai pihak terkait, termasuk Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane, serta Ketua TP PKK Kecamatan Medan Timur, Ny. Novianti Noor Alfi Pane. Dalam kesempatan tersebut, juga turut hadir Lurah Pulo Brayan Bengkel Baru, Efendi Gurusinga, dan Ketua TP PKK Kelurahan, Ny. Desi Efendi Gurusinga.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution menyampaikan apresiasi atas inisiatif Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru dalam memanfaatkan lahan tidur untuk pengembangan pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. “Sangat bagus apa yang sudah dikembangkan, salah satunya cabai carolina dan produk olahan lainnya seperti dodol sukun,” ujarnya.

Ditemani oleh pengurus TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution berharap inovasi ini dapat terus dikembangkan. “Saya berharap dapat terus dikembangkan, sehingga PKK di kelurahan ini dapat menghasilkan prestasi yang lebih membanggakan,” tambahnya.

Sebelumnya, Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane menyatakan apresiasi terhadap langkah yang telah diambil oleh Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru. “Meski sudah sangat baik, masih banyak hal yang perlu mendapat perhatian khusus untuk berlomba di tingkat Provinsi. Kita harus menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Dalam ekspos yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Ny. Desi Efendi Gurusinga, terungkap sejumlah inovasi yang dikembangkan dalam program Hatinya PKK untuk tahun 2024. Salah satunya adalah optimalisasi pemanfaatan lahan tidur dan perkarangan untuk dijadikan warung hidup, lumbung hidup, dan apotek hidup.

“Kita telah mengembangkan berbagai jenis tanaman, termasuk cabai carolina yang memiliki antioksidan tinggi, serta olahan makanan dari buah sukun seperti bolu sukun, dodol sukun, kripik sukun, dan kue lumpur sukun,” ungkap Ny. Desi Efendi Gurusinga.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan masyarakat dapat turut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi lokal yang ada di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru. (int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS