Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Aslab

Kabupaten Asahan Siaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

86
×

Kabupaten Asahan Siaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024

Sebarkan artikel ini
Kabupaten Asahan Siaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri 2024
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 2/4 (Batakpost.com) – Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar apel siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Idul Fitri 2024 secara virtual, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Drs. John Hardi Nasution, M.Si, di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi terkait, termasuk Dandim 0208/AS, kepala dinas terkait, Camat se-Kabupaten Asahan, Lurah, dan lainnya, menegaskan komitmen pemerintah dalam menjaga pasokan dan harga pangan menjelang hari raya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, H. Ali Mughofar, S.Sos, MAP, dalam laporannya menekankan pentingnya Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pangan pokok bagi masyarakat, terutama menjelang Idul Fitri 2024. GPM ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga di tingkat produsen dan konsumen, demi meningkatkan daya beli masyarakat terhadap pangan pokok.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Bupati Asahan menyoroti penyebab kenaikan harga pangan yang sering terjadi jelang Idul Fitri, seperti peningkatan permintaan, biaya distribusi, dan psikologi pasar. Untuk itu, Gerakan Pangan Murah dan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) diinisiasi sebagai langkah strategis untuk menghadapi fluktuasi tersebut.

John Hardi Nasution juga menyampaikan bahwa inisiatif ini merupakan momentum untuk meningkatkan kerjasama antar berbagai pihak terkait dalam upaya memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau. Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir dampak kenaikan harga pangan yang biasa terjadi menjelang Idul Fitri, serta memastikan semua lapisan masyarakat dapat merayakan hari besar keagamaan dengan cukup dan sejahtera.

Pemerintah Kabupaten Asahan berkomitmen untuk terus memantau dan mengendalikan pasokan serta harga pangan di pasar, demi memastikan bahwa kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi dengan baik dan harga tetap stabil, khususnya menjelang dan selama Idul Fitri 2024.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS