Ini Pesan Ketua Dekranasda Taput kepada Pelaku IKM

Taput, 26/8 (Batakpost.com)- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora, SE, MM, menyampaikan pesan penting kepada pelaku Industri Kecil Menegah (IKM) yang ada di Tapanuli Utara, khususnya di tiga kecematan (Tarutung, Sipoholon, Adian Koting).

Pesan penting itu disampaikannya pada pembukaan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Bhinneka Resto & Cafe, di Sipoholon, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Senin (22/8/2022).

“Sebagai Ketua Dekranasda, saya berharap para pelaku IKM untuk serius mengikuti pelatihan yang digelar Pemerintah. Jangan sia-siakan kesempatan dan ambil ilmu sebanyak-banyaknya. Saya meminta para pelaku IKM harus rajin membaca, belajar dan wajib mengikuti pelatihan seperti hari ini,” ujar Satika.

BACA JUGA: Puncak Peringatan Hari Jadi Tapteng Diwarnai Penyerahan Bantuan dan Hadiah

Istri Nikson Nababan ini menekankan pentingnya kejujuran dan ketulusan dalam melakukan aktivitas industri.

“Dalam melaksanakan aktivitas usaha yang paling utama itu adalah ketulusan dan kejujuran. Hal ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan kesinambungan IKM. Saya berharap kita semua sepemahaman,” ujarnya.

Selain kejujuran, yang tidak kalah pentingnya kata Satika adalah pengetahuan atas kebutuhan dan selera pasar. Dan terakhir konsisten dan kreatif dalam berkarya.

Dia mengajak para pelaku IKM untuk saling mendukung dan berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara.

“Saya mengajak kita semua untuk saling bekerja sama antar pelaku IKM dan pemerintah untuk memajukan SDM, daya saing produk dan daya saing IKM demi kesejahteraan masyarakat Tapanuli Utara. Jangan sesekali melakukan persaingan yang tidak sehat atau saling menjatuhkan. Kita harus mengutamakan kejujuran dan ketulusan,” pesannya.

Kegiatan yang diikuti 30 peserta pelaku IKM dari tiga kecamatan ini (Tarutung, Sipoholon, Adian Koting) dilangsungkan mulai 22-26 Agustus 2022, dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan daya saing IKM dan meningkatkan prospek pasar.

Ada pun narasumber yang dihadirkan dari Badan Diklat Industri Kementerian Perindustrian O. K. Guntur Alamsyah, Nazliana, dan Bagas Albar.

BACA JUGA: Nikson Nababan Ajak PARTOGI Jadi Agen Perubahan di Taput

Kepala Dinas Koperasi UKM Taput Perindag Gibson Siregar menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan dukungan Ketua Dekranasda Taput sehingga pelatihan tersebut dapat terlaksana.

“Kita patut berterima kasih kepada Ibu Ketua Dekranasda Tapanuli Utara atas dukungan dan lobi-lobi ke Pemerintah Pusat sehingga pelatihan ini dapat kita laksanakan. Peserta terdiri dari pelaku IKM penenun ulos, pengerajin sapu dari ijuk serta bidang kuliner. Mereka ini adalah pahlawan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tapanuli Utara,” ujarnya. (ril/jas)