Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Lintas Sumut

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

717
×

Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Sebarkan artikel ini
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

“Abu vulkanik yang beterbangan membuat gerah. Bahkan, wajah terasa sangat panas dan mata perih terkena abu,” ujar seorang warga Medan, Muhammad Sanusi (38).

Sanusi mengatakan, abu vulkanik kiriman dari Gunung Sinabung tersebut, jauh hari sebelumnya juga pernah terjadi. Abu vulkanik itu kemudian berangsur hilang setelah turun hujan.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


“Jika dalam beberapa hari ke depan tidak ada hujan maka abu vulkanik Sinabung itu dikhawatirkan masih beterbangan. Ini bisa menimbulkan penyakit,” kata warga lainnya, Ridwan (45).

Abu vulkanik terlihat banyak menempel di atap maupun kaca mobil warga yang berkendara di jalan. Selain itu, atap seng rumah penduduk juga terlihat berwarna putih keabuan.

Petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung, Ludra mengatakan, sejumlah kota menjadi sasaran abu vulkanik akibat ditiup angin dari Gunung Sinabung menuju Tenggara Timur.

“Tidak ada erupsib yang cukup besar. Namun, angin yang bertiup cukup kencang, sehingga Medan dan daerah lainnya, terkena guyuran abu vulkanik dari Gunung Sinabung,” jelasnya.

Ludra menyampaikan, daerah lain juga bisa mendapatkan kiriman abu vulkanik jika arah angin berubah. Abu vulkanik itu akan hilang jika turun hujan. Itu semua tergantung alam.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan menyampaikan, abu vulkanik itu beterbangan di sejumlah kota dan kabupaten di Sumut.


Tinggalkan Balasan