Teknologi

Google Batalkan Langganan YouTube Premium Pengguna VPN, Tindakan Tegas Demi Keadilan Harga

92
×

Google Batalkan Langganan YouTube Premium Pengguna VPN, Tindakan Tegas Demi Keadilan Harga

Sebarkan artikel ini
Google Batalkan Langganan YouTube Premium Pengguna VPN, Tindakan Tegas Demi Keadilan Harga
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 21/6 (Batakpost.com) – Google mengambil langkah tegas dengan membatalkan secara otomatis langganan YouTube Premium bagi pengguna yang terdeteksi menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk mendapatkan harga lebih murah dari langganan tersebut. YouTube Premium merupakan layanan berlangganan yang menyediakan konten bebas iklan dan fitur eksklusif tidak tersedia di YouTube reguler.

Pengguna sering kali menggunakan VPN untuk menyembunyikan lokasi mereka dan berlangganan dengan harga yang jauh lebih murah di negara-negara seperti Kroasia, Yunani, dan Ukraina, yang menawarkan harga paket langganan yang lebih rendah berdasarkan kondisi ekonomi dan minat pengguna.

Banyak keluhan dari pengguna yang mengungkapkan bahwa langganan YouTube Premium mereka dibatalkan secara tiba-tiba setelah menggunakan VPN. Mereka dilaporkan menerima pemberitahuan dari Google bahwa pembatalan tersebut terjadi karena perubahan lokasi mereka. Google meminta pengguna untuk berlangganan kembali dengan menggunakan metode pembayaran dan alamat lokal untuk mengakses harga yang sesuai dengan wilayah asli mereka.

Langkah ini menunjukkan komitmen Google untuk memastikan harga yang adil di berbagai pasar dan mencegah penyalahgunaan perbedaan harga regional. Langkah tegas ini tidak hanya memengaruhi pengguna di Ukraina, tetapi juga pengguna dari negara lain yang menggunakan VPN untuk mendapatkan langganan YouTube Premium dengan harga lebih rendah.

Bagi pengguna yang terkena dampak pembatalan ini, mereka kini memiliki pilihan terbatas. Mereka bisa memilih untuk berlangganan kembali dengan menggunakan lokasi dan detail pembayaran yang sebenarnya, yang kemungkinan akan mengakibatkan biaya bulanan yang lebih tinggi. Alternatif lain adalah mengeksplorasi solusi pemblokiran iklan alternatif yang tetap mematuhi persyaratan layanan YouTube.(int)

 Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300