Di Hari Pertama Operasi Lilin di Tapteng, 10 Sopir Angkutan Umum Dites Narkoba

Uncategorized204 Dilihat

Tapteng, 24/12 (Batakpost.com)- Di hari pertama pelaksanaan Operasi Lilin Toba di wilayah hukum Polres Tapanuli Tengah, ditandai dengan tes urine kepada sopir angkutan.

Pemeriksaan itu dilaksanakan Satuan Res Narkoba di Pos Pengamanan Operasi Lilin Polres Tapteng di Simpang DPRD Pandan, Jumat (23/12/2022)

Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba saat perjalanan aktivitas perayaan Natal 2022 dan mudik Tahun Baru 2023, khususnya para sopir Angkutan Umum Kota, maupun lintas kota/Kabupaten dalam Provinsi (AKAP).

Baca Juga:  Polres Tapteng Tangkap Terduga Pelaku Pembunuhan di Mela II Tapteng dari Madina

Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma, SIK melalui Kasat Narkoba Polres Tapteng AKP Juli Purnomo, SH memimpin jalannya pemeriksaan.

Para pengemudi bus yang melintas di depan pos, diberhentikan secara acak dan langsung diambil sampel urinenya untuk kemudian dites oleh Satres Narkoba Polres Tapteng dibantu tim medis.

“Sebanyak 10 sopir Angkutan Umum Antar Kota/Kabupaten yang dites urine, hasil tes semua negatif dan tidak ditemukan yang mengandung Amphetamine atau indikasi narkoba,” terang Kasat Narkoba, Sabtu (24/12/2022).

Baca Juga:  Sat Resnarkoba Polres Tapteng Sosialisasi Cegah Penyalahan Narkoba Untuk Remaja

Rencananya tes urine bagi sopir angkutan umum di jalur lintas Kabupaten Tapteng, akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga sehingga mudik Nataru berlangsung aman nyaman dan lancar.

“Kita juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada sopir dan mengimbau untuk tetap hati-hati di jalan dan mengutamakan keselamatan. Apabila lelah atau merasa kurang sehat disarankan untuk istrahat saja,” katanya.

Ditambahkan Kasat, jika dalam pemeriksaan ada yang terindikasi postif, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (red)