Bupati Taput Pimpin Rakor TPID Tekan Inflasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Tapanuli Utara114 Dilihat

Taput, 7/9 (Batakpost.com)- Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Rapat yang digelar di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Rabu (7/9/2022) itu, diikuti OPD dan para Camat se-Kabupaten Tapanuli Utara.

Dalam kesempatan itu Bupati memberikan penekanan yang menjadi prioritas utama dalam menekan angka inflasi, seperti komoditi Cabai Merah dan Bawang Merah yang surplus. Komoditi itu diminta agar siap dikerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumatera Utara untuk menjaga disparitas harga dan pasokan.

Baca Juga:  Bupati Nikson Resmikan Fasilitas Penangangan COVID-19 di RSUD Tarutung

Ditambahkan Bupati, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tetap bekerja keras untuk menahan lajunya inflasi dengan berkordinasi dengan TPID Provinsi Sumatera Utara untuk menjaga ketersediaan pasokan.

BACA JUGA: Yayasan Matauli Berikan Kesempatan Program Beasiswa Utusan Daerah yang Difasilitasi Pemkab Tapteng

“Saya tekankan juga untuk optimalisasi penggunaan pupuk organik, perbaikan pola tanam, dan optimalisasi peranan Perusda Pertanian dan Bumdes Tapanuli Utara sebagai oftaker (pemkasok) produk petani,” tegas Bupati

Selain itu, dia juga mendorong optimalisasi anggaran untuk melakukan Operasi Pasar Murah, Sidak Pasar, serta Peningkatan Komunikasi Kepada Masyarakat untuk menjaga ekspektasi inflasi dan peningkatan sosialisasi kepada masyarakat guna mendorong pola konsumsi produk olahan pangan.

Baca Juga:  Bupati Nikson Minta Pengetatan Disiplin Penagangan COVID-19 di Taput

Untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah sektor pertanian kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengharapkan CSR dari Bank Indonesia Sibolga dan PT. Pertamina untuk program hilirisasi produk pertanian di Kabupaten Tapanuli Utara

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Yuliansyah Andrias di kesempatan itu memaparkan kondisi inflasi di Wilayah Kerja (Wilker) Bank Indonesia Sibolga. BI mendukung program-program yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam menekan laju inflasi.

Turut hadir dalam Rakor TPID itu Kapolres Taput, Dandim 0210/TU, Kajari Taput, Kepala BPS Taput, SAM Retail PT Pertamina Sibolga Ageng Nurhamanto Putra. (ril/jas)