Samosir

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom Hadiri Pesta Mangalahat Horbo di Desa Salaon Tongatonga

88
×

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom Hadiri Pesta Mangalahat Horbo di Desa Salaon Tongatonga

Sebarkan artikel ini
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom Hadiri Pesta Mangalahat Horbo di Desa Salaon Tongatonga
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Samosir, 11/7 (Batakpost.com) – Bupati Samosir Vandiko T. Gultom memeriahkan dan menghadiri Pesta Mangalahat Horbo Op. Martupa Malau/Simarmata dohot pomparanna di Pea Tambok Desa Salaon Tongatonga hari ini.

Acara ini juga dihadiri oleh Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetty Naibaho, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon, serta beberapa pimpinan OPD lainnya. Pesta “Mangalahat Horbo” merupakan bagian dari kearifan lokal budaya Batak, sebuah tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur dengan memberikan persembahan tertinggi kepada “Debata Mulajadi Nabolon”.

Bupati Vandiko T. Gultom disambut dengan gembira oleh masyarakat dan secara langsung berbaur dengan mereka, menyapa dan berkomunikasi dalam suasana kekeluargaan. Ia mengapresiasi acara ini dan mengucapkan selamat kepada Op. Martupa Malau/Simarmata serta seluruh pomparan atas kesuksesan pesta Mangalahat Horbo.

“Saya menganggap bahwa ini adalah titik awal peradaban bangsa Batak, dan pemerintah serta masyarakat harus bersama-sama mempertahankan warisan budaya seperti ini,” ujar Vandiko, menekankan pentingnya menjaga tradisi sebagai bagian dari identitas Samosir sebagai titik awal bangsa Batak.

Vandiko juga menyinggung tentang pembangunan di Kenegerian Salaon, mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan pembangunan jalan protokol pada tahun 2023 senilai 20 miliar rupiah yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Pada tahun 2024 ini, kami akan melanjutkan pembangunan jalan dari Salaon menuju Ronggurnihuta dengan anggaran 9 miliar rupiah. Ini merupakan upaya kami untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat Kenegerian Salaon,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Vandiko T. Gultom juga berharap agar kerjasama antara eksekutif dan legislatif semakin kuat dengan adanya perwakilan dari Salaon di dalam lembaga legislatif. Ia juga memberikan apresiasi terhadap bakat seni yang dimiliki oleh masyarakat Salaon, berharap agar bakat-bakat ini dapat terus dikembangkan untuk memperkenalkan nama Salaon secara lebih luas.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300