Lintas Sumut

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu: Kesia Sihotang Harumkan Nama Kabupaten Dairi

329
×

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu: Kesia Sihotang Harumkan Nama Kabupaten Dairi

Sebarkan artikel ini
Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu: Kesia Sihotang Harumkan Nama Kabupaten Dairi
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Dairi, 25/10 (Batakpost.com) – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Kesia Sihotang atas prestasinya dalam mengharumkan nama Kabupaten Dairi. Ucapan ini disampaikan oleh Bupati Eddy Berutu dalam wawancara di ruang kerjanya pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Menurut Bupati Eddy Berutu, Kesia Sihotang terpilih sebagai salah satu siswa binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLP-D) Provinsi Sumatera Utara berdasarkan rekomendasi dari hasil Talent Scouting pelatih atletik. Kesia Sihotang berasal dari Kabupaten Dairi, sementara dua siswa lainnya berasal dari Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Mereka telah diterima sebagai atlet binaan PPLP/PPLP-D Provinsi Sumatera Utara dan telah tinggal di asrama PPLP/PPLP-D Provinsi Sumatera Utara sejak 23 Oktober 2023.

Bupati Eddy Berutu menyatakan, “Atas prestasi ini, kami mengucapkan selamat kepada putri kita, Kesia Sihotang, dan juga terima kasih atas prestasinya yang berhasil membawa nama Kabupaten Dairi.”

Kepala Sekolah UPT SMP Negeri 1 Pegagan Hilir, Jansen Nadeak, S.Pd., MM, juga berbicara tentang Kesia Sihotang. Dia menjelaskan bahwa Kesia adalah seorang siswi yang lahir di Suka Selamat Tanggarube, Kecamatan Pegagan Hilir, pada 6 Maret 2009.

Jansen menjelaskan bahwa Kesia mulai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lari di UPT SMP Negeri 1 Pegagan Hilir sejak April 2023, di bawah bimbingan Bapak Henrikus Hutabarat, seorang guru olahraga di sekolah tersebut.

Sebelum diterima sebagai siswa binaan PPLP Provinsi Sumatera Utara, Jansen menyebut bahwa Kesia Sihotang telah meraih berbagai prestasi dalam berbagai kejuaraan. Kesia telah menjadi juara dalam lari 800 meter Putri di Student Athletic Championship Sumatera Qualifiers di Stadion UNIMED, Juara 1 lari 1.000 meter Putri di ajang O2SN cabang atletik Kabupaten Dairi tahun 2023, Juara 2 lari 1.000 meter Putri di Dairi Fun Run, Juara 3 lari 5.000 meter Putri di Pakpak Bharat High Land Marathon Agustus 2023, dan masih banyak pencapaian lainnya.

Jansen mengungkapkan apresiasi terbesar kepada Pemerintah Kabupaten Dairi atas dukungannya dalam mencapai prestasi ini.

“Semoga kedepannya semakin banyak prestasi yang diperoleh putra-putri dari Kabupaten Dairi. Terima kasih yang tak terhingga disampaikan kepada bapak ibu guru UPT SMP Negeri 1 Pegagan Hilir atas kerjasamanya,” kata Jansen.

Henrikus Hutabarat, guru olahraga di UPT SMP Negeri 1 Pegagan Hilir, juga menambahkan bahwa Kesia Sihotang adalah siswi yang rendah hati dan berasal dari keluarga sederhana. Namun, dia memiliki semangat tinggi dalam berlatih, sehingga selalu meraih prestasi dalam setiap kejuaraan yang diikutinya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS