Aslab

Bupati Asahan Luncurkan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dalam Upaya Penurunan Angka Stunting

211
×

Bupati Asahan Luncurkan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dalam Upaya Penurunan Angka Stunting

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan Luncurkan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) dalam Upaya Penurunan Angka Stunting
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 15/9 (Batakpost.com) – Bupati Asahan, H. Surya BSc, secara resmi meluncurkan dan mensosialisasikan Program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan tahun 2023. Acara penting ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, perwakilan Dandim 0208/AS, perwakilan Danlanal TBA, perwakilan Kajari Asahan, Kepala perwakilan BKKBN Sumut, Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, serta sejumlah Asisten, Staff Ahli, OPD, Camat, dan tamu undangan lainnya.

Kepala BKKBN Sumut, Dr. Munawar Ibrahim S.Kp. MPH, memberikan laporan terkait implementasi Program Pemantauan Pertumbuhan Sehat (PPS) di Kabupaten Asahan, terutama pada semester I tahun 2023. Beberapa langkah telah diambil untuk mencapai target PPS, termasuk dalam program BAAS. Dr. Munawar menggarisbawahi pentingnya optimalisasi sumber daya, koordinasi yang kuat, pemantauan, dan evaluasi untuk memastikan percepatan penurunan angka stunting berjalan dengan baik.

Bupati Asahan, dalam pidatonya, mengungkapkan hasil survei status gizi Indonesia (SSGI) yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2020 menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kabupaten Asahan berada pada kategori tinggi, mencapai 28,6%. Pada tahun 2021, angka tersebut tetap tinggi, yaitu 18,9%. Namun, pada tahun 2022, Kabupaten Asahan berhasil menurunkan angka stunting sebesar 3,6%, menjadi 15,3%.

Bupati menyampaikan bahwa upaya mencegah dan menurunkan stunting tidaklah sulit selama ada koordinasi, komunikasi, dan kerjasama yang baik antara semua pihak dan sektor di Kabupaten Asahan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada kepala perwakilan BKKBN Sumatra Utara atas fasilitas yang telah diberikan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Bupati Asahan berharap agar semua peserta dapat menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, berkontribusi dalam mewujudkan masa depan dengan ibu dan anak yang sehat serta cerdas, khususnya di Kabupaten Asahan. Program BAAS menjadi salah satu langkah konkret dalam upaya menurunkan angka stunting yang signifikan.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300