Aslab

Bupati Asahan Hadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional di Tingkat Kecamatan

155
×

Bupati Asahan Hadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional di Tingkat Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Bupati Asahan Hadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional di Tingkat Kecamatan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Asahan, 28/2 (Batakpost.com) – Kepala P2KBP3A Kabupaten Asahan, Edi Sukmana, mewakili Bupati Asahan, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) di Tingkat Kecamatan Simpang Empat pada Rabu (28/02/2024). Acara ini diselenggarakan di Halaman Kantor Kecamatan Simpang Empat dan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Asahan, Camat Simpang Empat beserta jajaran, Forkopimcam Simpang Empat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Saat memberikan laporan, Sekcam Simpang Empat, Nasruddin, SH, menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ Kecamatan ini berdasarkan Surat Bupati Asahan Nomor 400.8/9760/UM-XII/2023 Tanggal 18 Desember 2023. Seleksi peserta dilakukan di setiap Desa di Kecamatan Simpang Empat pada tanggal 19-26 Februari 2024. Hasil seleksi Desa ini akan bersaing di Tingkat Kecamatan dari tanggal 27 Februari hingga 7 Maret 2024.

“Pemenang MTQ Kecamatan akan mewakili Kecamatan Simpang Empat di Tingkat Kabupaten Asahan,” ungkap Nasruddin.

Ada 242 peserta yang mengikuti MTQ Kecamatan, terdiri dari 130 peserta dari Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) dan 112 peserta dari Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Simpang Empat, Kamarul Zaman, memberi pesan kepada para pemenang untuk terus berlatih.

“Kalian harus terus berlatih, karena kalian akan menjadi perwakilan Kecamatan Simpang Empat di Tingkat Kabupaten. Kepada yang belum berhasil, jangan merasa putus asa, tetapi jadikan kekalahan ini motivasi untuk dapat mewakili Kecamatan Simpang Empat pada MTQN di tahun-tahun yang akan datang,” tutupnya.

Dalam pidato tertulis yang disampaikan oleh Kepala P2KBP3A Kabupaten Asahan, Bupati Asahan menyatakan bahwa MTQN tahun ini akan menyelenggarakan seluruh cabang lomba yang ada pada permusyabaqohan. Festival seni qasidah juga akan menambah cabang penampilan pop religi dan bintang vocalis.

“Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Asahan yang berjenjang dari tingkat Desa/Kelurahan hingga Nasional. Oleh karena itu, kegiatan hari ini memiliki nilai strategis dalam upaya meningkatkan pemahaman agama dan kecintaan terhadap seni dikalangan masyarakat,” ujar Bupati Asahan.

Edi Sukmana juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya MTQN dan festival seni qasidah.

“Mari kita bersaing dengan tetap memelihara persatuan dan kesatuan. Semoga kesadaran akan nilai-nilai Al-Qur’an dapat ditanamkan dalam perilaku kita sehari-hari, menjadikan Indonesia yang lebih kuat dan mewujudkan Asahan yang sejahtera, religius, dan berakhlak,” tandasnya. (int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS