Otomotif

Bugatti Meluncurkan Hypercar Terbaru, Bugatti Tourbillon: Gabungan Kecepatan dan Teknologi Hybrid

100
×

Bugatti Meluncurkan Hypercar Terbaru, Bugatti Tourbillon: Gabungan Kecepatan dan Teknologi Hybrid

Sebarkan artikel ini
Bugatti Meluncurkan Hypercar Terbaru, Bugatti Tourbillon: Gabungan Kecepatan dan Teknologi Hybrid
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 26/6 (Batakpost.com) – Bugatti, legenda mobil super dari Prancis, telah mengguncang dunia otomotif dengan merilis hypercar terbarunya, Bugatti Tourbillon. Mengambil alih tongkat estafet dari pendahulunya, Bugatti Chiron, Tourbillon menghadirkan teknologi mutakhir dalam paket yang menggabungkan kekuatan mesin bensin dan motor listrik.

Bugatti Tourbillon, sebagai mobil plug-in hybrid pertama dari Bugatti, menampilkan mesin NA V16 berkapasitas 8,3 liter yang luar biasa. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 1.000 PS dengan torsi maksimal 900 Nm, yang dipadukan dengan transmisi kopling ganda delapan percepatan terbaru dilengkapi electronic limited slip differential.

Tidak hanya itu, Tourbillon dilengkapi dengan tiga unit motor listrik, dengan motor tengah 340 PS/240 Nm yang terletak di antara mesin V16 dan gearbox, serta sepasang motor depan berdaya 340 PS masing-masing. Kombinasi dari semua ini menghasilkan total tenaga mencapai 1.800 PS, memungkinkan mobil ini untuk mempercepat dari 0-100 km/jam dalam hanya 2 detik, dengan kecepatan 0-200 km/jam kurang dari lima detik.

Meskipun memiliki akselerasi yang mengesankan, Bugatti Tourbillon memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi hingga 380 km/jam dalam keadaan umum. Dengan menggunakan Speed Key, mobil ini dapat mencapai kecepatan hingga 445 km/jam, meskipun ini lebih lambat dari pendahulunya, Bugatti Chiron, yang mencatatkan 490 km/jam.

Bugatti Tourbillon juga menonjol dengan teknologi PHEV-nya, didukung oleh baterai 25 kWh yang memungkinkan mobil untuk berjalan sejauh 60 km hanya dengan menggunakan tenaga listrik. Selain itu, mobil ini lebih ringan dibandingkan Chiron berkat penggunaan struktur bodi baru dari serat karbon T800 dan komponen yang diproduksi menggunakan teknologi pencetakan 3D.

Dilengkapi dengan rem karbon keramik, fungsi airbrake sayap belakang, dan sistem brake-by-wire yang terhubung ke mesin, Bugatti Tourbillon tidak hanya tentang kecepatan tetapi juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengemudi. Cakram rem besar yang tertutup oleh velg berukuran 20 inci di depan dan 21 inci di belakang, dengan ban khusus Michelin Pilot Cup Sport 2, menjamin performa maksimal di jalan raya maupun lintasan balap.

Dari segi desain, Bugatti Tourbillon mempertahankan estetika hypercar yang radikal, dengan gril tapal kuda yang lebih lebar di bagian depan untuk meningkatkan downforce dan diffuser belakang yang besar dengan empat pipa knalpot ramping yang menyatu.

Interior mobil ini juga tidak kalah megahnya dengan desain kokpit ganda khas Bugatti, yang memisahkan pengemudi dari penumpang dengan garis tengah yang kuat. Kabin mewah ini diperbarui dengan wiper yang dipasang di tengah bagian depan dan strip lampu penerangan di belakang.

Bugatti Tourbillon saat ini dalam tahap pengujian sebelum dikirimkan kepada pelanggan pada tahun 2026. Produksi terbatas hanya 250 unit dengan harga mencapai 3,8 juta euro atau sekitar Rp 66 miliar. Hypercar ini tidak hanya menawarkan performa terbaik, tetapi juga menjadi simbol prestise bagi para penggemar otomotif di seluruh dunia.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300