Teknologi

Apple Merilis Chip M4: Peningkatan Performa dan Fokus pada Kecerdasan Buatan

160
×

Apple Merilis Chip M4: Peningkatan Performa dan Fokus pada Kecerdasan Buatan

Sebarkan artikel ini
Apple Merilis Chip M4: Peningkatan Performa dan Fokus pada Kecerdasan Buatan
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 9/5 (Batakpost.com) – Pada akhir Oktober 2023, Apple merilis chip M3, namun kini pada awal Mei 2024, mereka telah mengumumkan peluncuran chip M4. Keputusan Apple untuk merilis versi terbaru dengan cepat menjadi sorotan, terutama dengan pengungkapan strategi kecerdasan buatan (AI) mereka untuk tahun 2024.

Presentasi Apple M4 ini dilakukan selama peluncuran iPad Pro, yang juga menggunakan Apple Silicon terbaru tersebut. Meskipun performanya lebih unggul dari M3, sorotan utama dari presentasi tersebut adalah strategi AI Apple untuk tahun ini.

Tidak semua detail strategi AI diungkap dalam peluncuran iPad Pro, hanya sebagian yang diungkap sebagai sneak peek. Apple berencana untuk mengungkapkan secara menyeluruh pada ajang WWDC 2024 bulan Juni mendatang, termasuk kemungkinan peluncuran jajaran Mac terbaru dengan chip M4.

Beberapa fitur kunci di M4 termasuk node 3nm, dynamic caching, mesh shading, dan ray tracing. CPU-nya dijanjikan 50% lebih cepat dari M2 yang digunakan di iPad Pro sebelumnya, sementara GPU-nya diklaim empat kali lebih cepat.

Johny Srouji, Senior Vice President of Hardware Technologies Apple, mengatakan bahwa kinerja hemat daya M4, bersama dengan mesin tampilan barunya, memungkinkan desain tipis dan inovatif pada iPad Pro. Peningkatan pada CPU, GPU, Neural Engine, dan sistem memori menjadikan M4 sangat cocok untuk aplikasi terbaru yang memanfaatkan AI.

M3 dan M4 memiliki GPU 10 core, tetapi jumlah core CPU-nya meningkat dari delapan menjadi 10, terbagi menjadi empat core kencang dan enam core efisien. Jumlah transistornya pun meningkat menjadi total 28 miliar.

Salah satu fitur baru di M4 adalah display engine, yang dianggap Apple dapat mengoptimalkan panel OLED di iPad Pro untuk menghasilkan kecerahan dan warna yang lebih baik.

Peningkatan terbesar ada di sektor AI, dengan neural engine di M4 diklaim sebagai yang terkencang di dunia untuk saat ini. Meskipun Snapdragon X Elite dari Qualcomm diklaim memiliki kemampuan yang lebih tinggi, M4 tetap menjadi salah satu chip dengan performa neural engine tertinggi saat ini.

Selain Apple, beberapa perusahaan seperti Qualcomm, Intel, dan Nvidia juga sedang mengembangkan chip dengan fokus pada kecerdasan buatan, menandakan perlombaan yang sengit dalam pengembangan teknologi AI di industri komputasi.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300