Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Lintas Sumut

Apel Gelar Pasukan Lilin Toba 2023: Wakapolres Langkat Pimpin Persiapan Operasi Natal dan Tahun Baru

181
×

Apel Gelar Pasukan Lilin Toba 2023: Wakapolres Langkat Pimpin Persiapan Operasi Natal dan Tahun Baru

Sebarkan artikel ini
Apel Gelar Pasukan Lilin Toba 2023: Wakapolres Langkat Pimpin Persiapan Operasi Natal dan Tahun Baru
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Langkat, 21/12 (Batakpost.com) – Plt Bupati Langkat H. Syah Afandin SH, diwakili oleh Kadis Perhubungan Arie Ramadhany, S.IP, M.SP, mengikuti Apel Gelar Pasukan Lilin Toba 2023, yang berlangsung di Lapangan Januraga Polres Langkat pada Kamis, 21 Desember 2023. Wakapolres Langkat, Kompol Dr.Hendri N D Barus SH SIK MM, bertindak sebagai inspektur apel dengan didampingi perwira apel Kasat Lantas AKP Maruli Tua Simanjorang, SH, dan pemimpin apel KBO Lantas IPDA Andreas Suwito, SH.

Dalam amanat tertulis Kapolri yang dibacakan oleh Wakapolres Langkat, momentum Natal dan Tahun Baru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan meningkat sebesar 143,65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Pengamanan Natal dan Tahun Baru menjadi tugas rutin yang harus dijalankan dengan aman, nyaman, dan lancar. Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Natal dan Tahun Baru, meskipun rutin, harus direncanakan dan dipersiapkan dengan baik, terutama dalam hal transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok.

Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri didukung oleh TNI, Pemda, minta Kamtibmas, dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personil dari TNI/Polri serta stakeholder lainnya, ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Wakapolres Langkat menyampaikan bahwa pihaknya dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai. Dalam konteks Kamseltibcar lantas, penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang pembatasan operasional angkutan barang, rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalin, penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan telah dilakukan.

Pada kesempatan yang sama, Wakapolres Langkat mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh personil pengamanan, termasuk unsur TNI/Polri, kementrian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Sat Pol PP Dinas Perhubungan, Dinas kesehatan, dan mitra kamtibmas lainnya, serta semua pihak yang mendukung operasi Lilin 2023.

Apel tersebut diakhiri dengan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Lilin Toba 2023, yang dihadiri oleh berbagai instansi terkait, seperti BNNK Langkat, Ketua DPRD Langkat, Dandim 0203/LKT, Dansub DENPOM P.Berandan, Kemenag, Kajari Langkat, Plt.Kalak BPBD Langkat, dan sejumlah pihak lainnya. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan upaya pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 guna mewujudkan situasi kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang aman dan tertib di wilayah hukum Polres Langkat.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS