Motor GP

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP pada Akhir Musim 2024

1517
×

Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP pada Akhir Musim 2024

Sebarkan artikel ini
Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP pada Akhir Musim 2024
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Jakarta, 24/5 (Batakpost.com) – Musim MotoGP 2024 akan menjadi yang terakhir bagi Aleix Espargaro. Pebalap Aprilia tersebut telah mengumumkan rencananya untuk pensiun setelah musim ini berakhir. Espargaro, yang telah berkompetisi di kelas premier sejak 2009, akan menutup karier panjangnya di ajang balap motor paling bergengsi ini.

Espargaro, yang memulai kariernya di MotoGP bersama Ducati, sempat turun ke kelas Moto2 pada 2011 sebelum kembali ke MotoGP pada musim berikutnya. Selama kariernya, ia juga sempat menunggangi motor Aprilia, Yamaha, dan Suzuki. Sejak 2017, Espargaro kembali bergabung dengan Aprilia hingga saat ini.

Pebalap tertua di MotoGP 2024 tersebut telah melakoni 323 balapan dengan catatan tiga kemenangan, 12 kali naik podium, dan lima kali merebut posisi pole. Kemenangan pertama Espargaro diraihnya di MotoGP Argentina pada 2022, diikuti dua kemenangan lainnya di Inggris dan Catalunya pada musim lalu.

“Ada banyak pebalap di dunia, di sini sekarang ini, yang menang lebih banyak dari saya. Tapi saya memberikan semua yang saya punya. Saya bekerja sangat keras,” ujar Aleix Espargaro dalam jumpa persnya, Kamis (23/5/2024), menjelang MotoGP Catalunya akhir pekan ini.

“Seringkali, saya merasa tidak punya talenta para pebalap lain. Tapi dengan bekerja keras, saya mencapai level tinggi. Dua atau tiga musim terakhir ini terasa menakjubkan. Saya seperti bermimpi,” tambahnya.

Espargaro mengungkapkan keinginannya untuk pensiun dengan perasaan yang baik sebagai pebalap utama. “Ini bukan pekan yang mudah. Saya merasa seperti melompat masuk ke tempat yang sangat aneh. Tapi saya senang. Semoga para pebalap lainnya, sebagai kado, bisa membiarkan saya menang akhir pekan ini,” imbuhnya.

Musim ini, Espargaro belum pernah naik podium. Prestasi terbaiknya adalah finis kedelapan di MotoGP Qatar dan Portugal, ketujuh di MotoGP Amerika Serikat, gagal finis di Spanyol, dan finis kesembilan di Prancis.

Keputusan pensiun Aleix Espargaro akan meninggalkan jejak sejarah dalam dunia balap motor, mengingat dedikasi dan kerja kerasnya sepanjang karier. Para penggemar dan pebalap lainnya akan mengenang kontribusinya yang signifikan di MotoGP.(int)

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS

banner 325x300