Tapanuli Tengah

409 Siswa Baru SMAN 1 Matauli Pandan Dikukuhkan dan Siap Bersaing di Perguruan Tinggi Dunia

695
×

409 Siswa Baru SMAN 1 Matauli Pandan Dikukuhkan dan Siap Bersaing di Perguruan Tinggi Dunia

Sebarkan artikel ini
Pengukuhan siswa baru SMAN 1 Matauli Pandan Angkatan ke XXIX tahun 2022 oleh Dandim 0211/TT. (HAT)
Pengukuhan siswa baru SMAN 1 Matauli Pandan Angkatan ke XXIX tahun 2022 oleh Dandim 0211/TT. (HAT)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Pandan, 23/7 (Batakpost.com)- Sebanyak 409 siswa-siswi baru SMAN 1 Matauli Pandan dikukuhkan oleh Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, SH, M.Han, di Aula Gymnasium Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Sabtu (23/7).

Acara pengukuhan siswa kelas X angkatan ke XXIX ini, dihadiri langsung oleh Ketua Pembina Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Dr. Ir. Akbar Tandjung beserta istri Krisnina Akbar Tandjung.

Dalam pembekalannya terhadap siswa-siswi baru, Akbar Tandjung menyampaikan, bahwa tujuan didirikannya SMAN 1 Matauli Pandan untuk melahirkan tokoh-tokoh nasional dari Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, karena dari kedua daerah itu banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional dan bahkan Pahlawan Nasional.

“Bapak dr Ferdinan Lumbatobing, Jenderal Maraden Panggabean, KH. H. Zainul Arifin adalah tokoh dan Pahlawan Nasional dari daerah kita ini. Harapan kami melalui SMAN 1 Matauli Pandan akan lahir tokoh-tokoh nasional berikutnya,” harapnya.

BACA JUGA: Ketua Yayasan Matauli: Ini Bukti Bahwa Anak Tapteng Bisa

Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat di era Presiden Soeharto ini mengungkapkan, selama 26 angkatan dia memimpin Yayasan Matauli, sudah 6.500 lulusan Matauli Pandan, dan 80 persen diterima lulus di Perguruan Tinggi Negeri. Dan saat ini, para alumni sudah menduduki berbagai jabatan di pemerintahan termasuk di instansi TNI Polri dan lembaga lainnya.

Ketua Pembina Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Dr. Ir. Akbar Tandjung, saat menyampaikan pembekalagan kepada 409 orang siswa baru SMAN 1 Matauli Pandan, Sabtu (23/7). (Batakpost.com/HAT)
Ketua Pembina Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli), Dr. Ir. Akbar Tandjung, saat menyampaikan pembekalagan kepada 409 orang siswa baru SMAN 1 Matauli Pandan, Sabtu (23/7). (Batakpost.com/HAT)

“Saya bersyukur dan berterima kasih, pada hari ini alumni pertama dari sekolah kita ini yaitu Bapak Ali Murtopo Simbolon, orang terkenal di era Orde Baru bisa hadir menyaksikan pengukuhan ini. Kiranya kehadiran beliau menambah semangat anak-anak kami untuk mengukir prestasi,” katanya.

Akbar juga menyampaikan, bahwa saat ini Yayasan Matauli Pandan sudah diestafetkan kepada putri tertuanya Fitri Krinawati Tandjung B.Sc, sebagai Ketua Yayasan. Dia meyakini dengan pengalaman putrinya mengecap pendidikan di Amerika Serikat, akan mampu melahirkan generasi emas di era 4.0 dari Matauli serta mampu bersaing di Universitas top dunia.

BACA JUGA: 411 Siswa Baru SMAN 1 Matauli Pandan Dibekali Polres Tapteng Akan Bahaya Narkoba

“Alhamdulillah alumni dari sekolah kita diterima kuliah di University of British Columbia (UBC) Kanada, di Universitas Taiwan dan Universitas top dunia lainnya lewat Beasiswa Indonesia Maju Jalur Afirmasi Taman Sains Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Itu sebagai bukti sekolah kita ini mampu bersaing di tingkat universitas hebat dunia,” ungkapnya.

Untuk itulah, Mantan Ketua DPR-RI itu mengucapkan terima kasih kepada guru-guru Matauli yang sudah mendidik anak-anak sehingga bisa berhasil. Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga Pemerintah Tapanuli Tengah, serta stakeholder yang telah memberikan dukungan akan keberadaan SMAN 1 Matauli Pandan juga disampaikannya.

Sementara itu Ketua Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tandjung, B.Sc menambahkan, harapan yang disampaikan orang tuanya untuk melahirkan generasi emas dari Matauli Pandan, optimis dapat diraih berkat dukungan dari para guru-guru Matauli dan juga para stakeholder.

“Tiga puluh tahun lalu Bapak Feisal Tandjung, dan orang tua saya Akbar Tandjung bercita-cita agar dari daerah kita ini lahir tokoh-tokoh nasional dan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional. Alhamdulillah hal itu sudah terwujud karena lulusan dari Matauli sudah berkiprah di kancah nasional. Tugas kita sekarang bagaimana melahirkan lulusan dari Matauli Pandan mampu menduduki Universitas top dunia,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Matauli Pandan, Fitri Krinawati Tandjung B.Sc bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut, Murdianto, S.Pd, MM, saat menyerahkan penghargaan dan kenaikan pangkat kepada Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan dan juga para guru lainnya. (Batakpost.com/HAT)

Untuk itu dia meminta siswa baru angkatan ke XXIX akan menjadi  tongkat perubahan di Indonesia. “Dengan Janji Siswa yang sudah disampaikan tadi serta didikan yang diberikan guru-guru, akan menjadikan kalian berhasil meraih cita-cita,” pesannya.

“Tirulah kakak-kakak kalian yang sudah berhasil dan sudah banyak memberikan kontribusi untuk bangsa. Ingat, akan banyak tantangan yang dihadapi, tetapi dengan semangat serta disiplin yang tinggi, kalian akan menjadi orang-orang yang unggul dan berkarater,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan, Murdianto, S.Pd, MM, menekankan, bahwa persaingan semakin ketat saat ini, tentu kemampuan dan metode mendidik siswa sangat berdampak untuk melahirkan lulusan yang mampu bersaing.

“Era sekarang prestasi itu harus diraih dan diperebutkan. Tentu dibutuhkan kemampuan untuk meraihnya. Dan kami berharap, SMAN 1 Matauli Pandan harus sanggup berkontribusi mewujudkan Sumatera Utara Bermartabat,” ucapnya.

BACA JUGA: Imigrasi Sibolga Beberkan Tugas dan Fungsi Imigrasi serta Memotivasi Siswa Kuliah di Taruna Politeknik Imigrasi

Kepada para orang tua siswa Murdianto juga menyampaikan, agar jangan memaksakan apa yang menjadi keinginannya terhadap cita-cita anaknya. Biarlah mereka mencari apa yang menjadi kelebihan mereka.

“Saya 27 tahun lebih, mengajar di SMAN 1 Matauli Pandan, dan 9 tahun menjadi Kepala Sekolah. Hal pemaksaan atau keinginan orang tua itu terhadap cita-cita anak masih dominan terjadi. Harapan saya, biarlah anak-anak kita itu mementukan cita-citanya sesuai dengan kelebihan yang dimiliki. Dan tugas kita sebagai orang tua mengontrol dan memperhatikan mereka,” imbau Murdianto.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMAN 1 Matauli Pandan Deden Rachmawan, S.Pd, MM, melaporkan, bahwa jumlah calon siswa yang mendaftar ke SMAN 1 Matauli Pandan sebanyak 2.500 siswa. Setelah mengikuti verifikasi tinggal 1.355 siswa. Sedangkan yang berhak mengikuti tes akademik dan wawancara 1.153 siswa. Dan peserta yang dinyatakan lulus dan daftar ulang 409 siswa.

Usai acara pengukuhan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara, seperti Barisan Defile, Marching Band, pertunjukan Tari Kreasi Nusantara, Atraksi Bela Diri persembahan siswa-siswi SMAN 1 Matauli Pandan.

Di kesempatan itu juga dilangsungkan penyerahan Rumah Susun SMAN 1 Matauli Pandan Tahun 2015 dan Rumah Susun Asrama Matauli Tahun 2018 yang diserahkan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera Utara II Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Rusli, ST, MT, kepada SMA Matauli Pandan.

Turut hadir dalam acara pengukuhan ini, Pj Bupati Tapanuli Tengah Yetty Sembiring, STTP, MM, Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Christian Samma, SIK, Kejari Sibolga, Irvan Paham PD Samosir, SH, MH, Kadis Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Sekretaris Dinas, Murdianto, S.Pd, MM, Dandenpom 1/2 Letkol Cpm Hendi Kurniadi, S.Pd., S.H., M.Sc, Dansatradar 234 Sibolga, Letkol Lek Doddy Setiawan, M. Si (Han), mewakili Danlanal Sibolga, dan mewakili Danrem 023/KS, mewakili Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, serta Intan Ketua Yayasan DEL.

Acara pengukuhan siswa baru angkatan ke XXIX ini adalah acara pengukuhan pertama setelah pandemi COVID-19. Di mana selama dua angkatan tidak dilakukan tradisi pengukuhan karena pandemi.

Acara ini berlangsung sukses dan meriah, serta mendapat dukungan dari para orang tua siswa, (HAT)

banner 325x300