11 ABK Dites Urine dalam Operasi Lilin Toba Hari Ketiga di Sibolga

Sibolga188 Dilihat

Sibolga, 26/12 (Batakpost.com)- Memasuki hari ketiga Operasi Lilin Toba 2022 di Kota Sibolga, Sumatera Utara, Sat Res Narkoba Polres Sibolga melakukan pemeriksaan urine terhadap Anak Buah Kapal (ABK), Minggu (23/12/2022) di Pelabuhan ASP Jalan Mojopahit Sibolga.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba saat perjalanan mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, khususnya anak buah kapal penumpang yang akan menyeberang ke Gunungsitoli.

Kasat Narkoba Polres Sibolga AKP Sugiono memimpin langsung jalannya pemeriksaan bersama Dinas Kesehatan Sibolga.

Baca Juga:  Kota Sibolga Rengking Ketiga Hasil Vaksin Dosis Pertama se-Sumut

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja melalui Kasi Humas AKP R Sormin menyampaikan, bahwa kegiatan itu dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di laut selama masa mudik Nataru yang diakibatkan dari kelalaian anak buah kapal yang mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang.

“Sebanyak 11 anak buah kapal yang dites urine, hasil tes semua negatif dan tidak ditemukan yang mengandung Amphetamine,” ungkap Sormin.

Lanjutnya tes urine bagi anak buah kapal yang memasuki pelabuhan di Kota Sibolga, akan terus dilakukan secara acak sehingga mudik Nataru berlangsung aman nyaman dan lancar.

Baca Juga:  Lapas Sibolga Teken PKS dengan Polres Sibolga dan Tapteng

“Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, maka yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan kami akan langsung memanggil pihak pengusaha kapal angkutan umum tersebut, agar mengistirahatkan anak buah kapal yang terindikasi Narkoba,” ujar Sormin. (ril)