Berita UtamaKepulauan Nias

Wawako Gunungsitoli Ikuti Jalan Santai dan Deklarasi Damai Umat Beragama

322
×

Wawako Gunungsitoli Ikuti Jalan Santai dan Deklarasi Damai Umat Beragama

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si ikut jalan santai dan Deklarasi Umat Beragama di Gunungsitoli. (Diskominfo)
Example 300x600

Gunungsitoli, 20/1 (Batakpost.com)- Dalam rangkaian Hari Amal Bakti Kementrian Agama ke-77, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE., M.Si ikut jalan santai dan Deklarasi Umat Beragama bertempat di Taman Yahowu, Sabtu (14/1/2023).

Kegiatan jalan santai memulai rute start dari Depan Kantor Wali Kota Gunungsitoli menuju Jalan Karet-Simpang Meriam-Jalan Gomo-Tugu Gempa-Taman Ya’ahowu.

Setelah tiba di Taman Ya’ahowu dilakukan Deklarasi Umat Beragama Kota Gunungsitoli yang dibacakan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Gunungsitoli, Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua, M.Si dan diikuti oleh Wakil Wali Kota serta sejumlah perwakilan umat beragama yang ada di Kota Gunungsitoli.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Kementrian Agama Kota Gunungsitoli disambut baik oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli, terutama yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama.

“Kerukunan adalah harapan yang kita lakukan terus menerus, sampai hari ini kita bisa menjaga kerukunan hidup beragama di Kepulauan Nias ini. Situasi ini harus kita jaga, harus kita pertahankan dan dilanjutkan. Ini harapan kita agar daerah ini menjadi nyaman bagi semua umat beragama dalam melaksanakan aktivitas,” ucapnya.

Dia juga berharap bahwa kegiatan jalan santai dapat dilakukan secara berkelanjutan. Guna menggiatkan masyarakat untuk tetap membina pola hidup sehat.

Sowa’a juga mengingatkan semua masyarakat agar tetap peduli dengan kehidupan sosial masyarakat di lingkungannya masing-masing. Sehingga tidak ada pihak-pihak yang tak bertanggung jawab masuk untuk merusak kerukunan yang telah terjaga selama ini.

“Kita jangan terlena, kita harus tetap waspada, bila ada bapak ibu lihat gerakan-gerakan atau kegiatan yang muaranya mengganggu kerukunan di Gunungsitoli ini, segera dilaporkan kepada pihak berwajib agar segera dilakukan tindakan pengamanan,” tandasnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Gunungsitoli Dr. H. Hayatsyah, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah turut serta membantu beberapa kegiatan dalam rangka Hari Amal Bakti Kementrian Agama.

“Dengan kerukunan umat, Indonesia hebat. Kegiatan ini adalah rangkaian terakhir dari 15 kegiatan Hari Amal Bakti,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ir. Ignasius Harefa. (ril)