Medan

Warga Medan Bersorak Gembira Terhadap Kegiatan Gotong Royong Bersih Sungai Deli

117
×

Warga Medan Bersorak Gembira Terhadap Kegiatan Gotong Royong Bersih Sungai Deli

Sebarkan artikel ini
Warga Medan Bersorak Gembira Terhadap Kegiatan Gotong Royong Bersih Sungai Deli
Example 300x600

Medan, 4/10 (Batakpost.com) – Kegiatan gotong royong bersih sungai Deli yang digagas oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution, sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan, mendapat sambutan positif yang luar biasa dari warga kota ini.

Warga berharap bahwa aksi bersih sungai Deli yang melibatkan 1.000 personil TNI Angkatan Darat (TNI AD) dan telah diresmikan oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman ini akan memberikan hasil positif dengan menjadikan lingkungan sungai lebih bersih dan mampu mencegah terjadinya banjir.

Ramsiah, seorang warga dari Kecamatan Medan Labuhan, menyambut kegiatan gotong royong dengan penuh antusiasme. Dia berpendapat bahwa inisiatif Bobby Nasution ini adalah langkah yang sangat baik untuk menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah terjadinya banjir. “Kami senang pinggiran sungai dibersihkan sehingga sungai kami menjadi lebih rapi dan bersih. Pastinya gotong royong bersih sungai Deli ini adalah kegiatan yang baik untuk lingkungan dan dapat mencegah banjir,” ujar Ramsiah.

Sebelum pelaksanaan gotong royong ini dimulai, perangkat Kecamatan telah memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Respons positif pun datang dari warga, yang turut mendukung dan bahkan turun tangan membantu membersihkan pinggiran sungai Deli.

Ramsiah juga menggambarkan kondisi air sungai di daerahnya saat volume airnya meninggi. Dia mengatakan bahwa ketinggian air sungai selama hujan atau saat air kiriman dari hulu bisa mencapai bibir tanggul, bahkan hampir meluap ke pemukiman warga. Oleh karena itu, ia berharap bahwa kegiatan gotong royong ini akan membantu sungai Deli dapat menampung lebih banyak debit air.

Setelah selesai, Ramsiah dan warga lainnya berharap pihak terkait akan memasang Bronjong di sepanjang pinggiran sungai yang memerlukan perbaikan. “Kami berharap Bronjong dapat dipasang agar sungai tetap aman dan nyaman bagi warga,” tambahnya.

Sebelumnya, Camat Medan Labuhan, Khairun Nasyir, yang juga menjabat sebagai Komandan Sektor I, menjelaskan bahwa dalam lima hari terakhir, kegiatan gotong royong yang diberi nama “Peduli Deli” ini telah membersihkan sepanjang 1.400 meter sungai Deli di sektor I. Fokus utama pembersihan adalah menghilangkan sampah dan tanaman yang tumbuh di pinggiran sungai sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita membersihkan pinggiran sungai Deli sesuai dengan aturan yang hanya memperbolehkan tanaman rumput di pinggir sungai. Pohon atau tanaman keras lainnya kita bersihkan untuk menghindari kerusakan pada tanggul sungai,” jelas Camat.

Khairun Nasyir menambahkan bahwa antusiasme warga Kecamatan Labuhan sangat tinggi dalam menyambut kegiatan gotong royong bersih sungai Deli. Bahkan, banyak warga yang aktif membantu petugas dalam membersihkan sungai Deli.

“Sangat menggembirakan bahwa warga sangat mendukung kegiatan gotong royong bersih sungai Deli ini. Mereka juga ikut serta dalam membersihkan sungai,” tambah Khairun Nasyir.

Semangat yang tinggi ini terus memotivasi seluruh petugas yang terlibat dalam gotong royong bersih sungai Deli untuk menciptakan Medan yang bebas dari banjir. Semoga upaya ini akan memberikan dampak positif bagi kualitas hidup warga Medan dan lingkungan sekitarnya.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com di GOOGLE NEWS