Siantar

Wali Kota Pematang Siantar Meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak dalam Rangka Hari Pangan Sedunia

109
×

Wali Kota Pematang Siantar Meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak dalam Rangka Hari Pangan Sedunia

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Pematang Siantar Meluncurkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak dalam Rangka Hari Pangan Sedunia
Example 300x600

Siantar, 16/10 (Batakpost.com) – Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, bersama dengan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Muqorrobin, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), telah meluncurkan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2023. Acara ini berlangsung pada Senin (16/10/2023) di halaman Kantor Dinas Pariwisata, Jalan Singosari Nomor 4 Pematang Siantar.

dr. Susanti menjelaskan bahwa GPM Serentak diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sebagai bagian dari peringatan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2023. Selain merayakan Hari Pangan Sedunia, GPM juga bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di Kota Pematang Siantar.

Tema GPM Serentak tahun ini adalah “Water is Life, Water is Food; Leave No One Behind” atau “Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan; Jangan Tinggalkan Siapapun.” Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya isu pangan, terutama dalam menghadapi kenaikan harga beberapa komoditas pangan di Kota Pematang Siantar.

dr. Susanti menyatakan bahwa GPM Serentak ini bertujuan untuk mengendalikan laju inflasi, terutama dalam menghadapi tren kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur, dan daging ayam ras dalam beberapa bulan terakhir.

Pardamean L. Manurung, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Pematang Siantar, melaporkan bahwa GPM ini merupakan gerakan kedua dalam tahun 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di daerah dalam rangka mencegah inflasi.

Dalam pelaksanaan GPM Serentak, dr. Susanti dan Muqorrobin, Kepala KPw BI Pematang Siantar, meninjau stan yang menawarkan berbagai barang kebutuhan pokok, yang kemudian dibeli dan diserahkan kepada masyarakat. Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat setempat serta pemangku kepentingan terkait dengan komoditas pangan.

Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Pematang Siantar untuk menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaan pangan yang terjangkau oleh seluruh masyarakat.

Baca Berita menarik lainnya dari Batakpost.com GOOGLE NEWS