Siantar

Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pematang Siantar Berlangsung Meski Guyuran Hujan

79
×

Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pematang Siantar Berlangsung Meski Guyuran Hujan

Sebarkan artikel ini
Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pematang Siantar Berlangsung Meski Guyuran Hujan
Example 300x600

Siantar, 17/8 (Batakpost.com) – Kota Pematang Siantar dihujani hujan sejak dini hari, dan kondisi basah serta becek di Lapangan H Adam Malik turut mempengaruhi pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Namun, di tengah tantangan cuaca, upacara tersebut tetap berlangsung lancar dan sukses di bawah pimpinan Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani, SpA.

Meskipun Lapangan H Adam Malik tergenang air dan becek, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tetap tegap melaksanakan tugasnya. Langkah tegap mereka di tengah pelataran yang licin dan basah menunjukkan tekad dan semangat tinggi dalam menghormati momen bersejarah tersebut.

Upacara yang mengusung tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” diawali dengan sirene, pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Pematang Siantar, Timbul Marganda Lingga, SH, mengheningkan cipta, doa, dan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Paskibraka.

Sebelum bendera dikibarkan, Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti, yang mengenakan kebaya putih dan Bulang merah, selaku inspektur upacara, menyerahkan bendera kepada anggota Paskibraka yang membawanya. Paskibraka yang berperan penting dalam momen ini diwakili oleh Elisabeth Damanik dari SMA Negeri 5 Pematang Siantar.

Sebelum pelaksanaan upacara, sekitar pukul 09.00 WIB, bendera yang akan dikibarkan diserahkan oleh Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematang Siantar, Junaedi Antonius Sitanggang, SSTP MSi, kepada Paskibraka di Balai Kota dan kemudian dibawa ke Lapangan H Adam Malik.

Untuk semakin menghidupkan suasana, lagu-lagu kebangsaan dimeriahkan oleh Inggou Victory, marching band dari SMA Negeri 4 dan PT STTC. Acara juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan oleh Wali Kota dr. Susanti, didampingi oleh Ketua Dekranasda, H Kusma Erizal Ginting, SH, serta unsur Forkopimda.

Melalui semangat yang tidak surut oleh hujan, peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pematang Siantar berhasil menjadi momen berharga yang memupuk nasionalisme dan mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.