Segenap kru batakpost.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024, Semoga doa dan usaha kita diterima oleh Allah Swt. Taqabbalallahu minna wa minkum. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Berita UtamaHealth

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pandan Segera Miliki CT-Scan 64 Slice

548
×

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pandan Segera Miliki CT-Scan 64 Slice

Sebarkan artikel ini
CT-Scan 64 Slice di Rumah Sakit Beacon Hospital Malaysia. Alat ini akan segera dimiliki RSUD Pandan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. (Foto dari laman Beacon Hospital)
Advertisement
Example 300x600
Advertisement

Pandan, 22/1 (Batakpost.com)- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, terus berbenah. Baik itu dari Sumber Daya Manusianya (SDM) dan juga dari segi Alat Kesehatannya (Alkes).

Salah satu alat kesehatan yang segera dimiliki rumah sakit milik Pemkab Tapteng itu adalah, CT-Scan yang 64 Slice.

Advertisement
banner 325x300
Advertisement


Hal itu disampaikan Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas didampingi Direktur RSUD Pandan dr Masdiana dalam suatu acara di RSUD Pandan Jumat (20/1/2023) lalu.

“Kita terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas di RSUD Pandan ini. Salah satunya penyediaan CT-Scan yang 64 slice. Sesuai informasi dari Direktur RSUD Pandan, paling lambat awal Februari ini sudah dimulai pembangunan ruangannya,” terang Elfin.

Diungkapkan Elfin, untuk perusahaan yang membangun ruangan CT-Scan harus perusahaan yang spesifiknya mengerti medik. Dan itu harus melalui ULP.

Demikian juga dengan pembelian alatnya (CT-Scan) harus melalui E-Katalog.

“Semuanya transparan kita buat, mulai dari pengadaannya sampai pembangunan ruangan,” terang Elfin.

Ia menambahkan, begitu bangunan sudah selesai maka alat langsung dipasang dan siap digunakan.

Dia berharap dengan penambahan alat baru itu, semakin menambah layanan dari RSUD Pandan.

“Saya sudah cek RSUD ini, bahkan saya sudah general chek up. Hasilnya memang bagus. Untuk itulah saya minta tema-teman tingkatkan terus pelayanan di RSUD kita ini agar kepercayaan masyarakat semakin bertambah,” pesannya.

Sementara itu dr Masdiana menambahkan, keberadaan CT-Scan sudah menjadi suatu keharusan bagi RSUD Pandan. Dengan adanya CT-Scan yang berteknologi canggih maka akan memudahkan dalam mendiagnosis suatu penyakit.

“Alat kita yang lama sudah rusak. Itu alat tahun 2009 yang slice nya baru dua. Yang baru ini jauh lebih canggi karena sudah memiliki 64 slice,” pungkasnya.

Keunggulan Alat CT Scan 64 Slice

Alat pemindaian CT 64-slice memberikan kualitas gambar yang optimal akan pencitraan tubuh dan kardiovaskular, mempersembahkan visualisasi yang jelas akan bagian-bagian kecil dari anatomi tubuh.

Scan/pemindaian beresolusi tinggi menggunakan sinar-x untuk menciptakan gambar penampang tubuh, membolehkan para dokter untuk melakukan pencitraan dan pemeriksaan organ tubuh manusia secara rinci.

Dengan rekonstruksi 3 dimensi otomatis dan akses simultan ke data mentah, sistem ini juga membolehkan kita untuk melakukan pemindaian dan mendiagnosa pasien dengan cepat.

CT scan digunakan untuk mendeteksi kanker, infeksi, cedera dan berbagai kondisi patologi lainnya. (Jas)