Teken MoU, Jamsostek Sasar 50.000 Warga HKBP Jadi Peserta

Sidimpuan, 7/8 (Batakpost.com)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Kantor Cabang Sibolga melakukan penandatanganan kerja sama Memorandum of understanding (MoU) dengan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Distrik IX Sibolga, Tapanuli Tengah, Nias (STN) bertempat di Kantor Distrik, Jumat (5/8/2022).

Disaksikan Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan Dr Sanco Simanullang, ST MT IPM ASEAN Eng yang membawahi 12 Kabupaten/ Kota (Tabagsel, Tabagteng dan Nias), penandatanganan dilakukan Praeses Pdt. Donda Simanjuntak, STh dengan Kepala Kantor Cabang Sibolga Boy Citra Lumban Tobing.

Dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/8/2022), penandatanganan dimaksudkan untuk memberikan perlindungan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh Parhaladao (pelayan) gereja dan jemaat.

Menurut Praeses Pdt Donda, sebelumnya sudah lama BPJS Ketenagakerjaan dengan HKBP Distrik IX menjalin kerja sama dengan Jamsostek, namun masih parsial (sebagian saja yang mendaftar).

“Sejumlah parhalado di Resort Immanuel, Resort Sipeapea, dan Ressort Poriaha Julu telah jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Donda.

Lantas, pihaknya bertekad mengoptimalkan seluruh resort di Distrik 9, termasuk jemaat lantaran manfaat Jamsostek sangat membantu jemaat dan pelayan.

BACA JUGA: Agincourt Resources Inisiasi Program Revitalisasi Posyandu, Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Tapanuli Selatan

Praeses Donda  mengaku tertarik terhadap Paket Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dibandrol dengan iuran minimal Rp 16.800 per bulan per orang, sudah dapat memberikan jaminan berupa santunan kematian Rp 42 juta rupiah dan beasiswa anak sampai dengan 174 juta rupiah.

Kedepan, lanjut Dia, pihaknya  berkomitmen untuk menyasar  seluruh Full Timer (pelayan penuh waktu) dan Parhalado (penatua) dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan pada gilirannya dilanjutkan kepada seluruh jemaat.

Namun untuk mengoptimalkan hingga aras jemaat, akan diproses di masing-masing resort dengan petugas yang ditunjuk dari Distrik, dibangun sistem pendaftaran desentralisasi, per resort.

“Dengan jumlah jemaat lebih dari 50 ribu KK, kita harapkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan merupakan jalan Tuhan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh parhalado dan jemaat,” katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidimpuan Sanco Simanullang didampingi Kepala Cabang Sibolga Boy Citra Lumban Tobing menjelaskan, HKBP merupakan pelopor dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi sektor keagamaan khususnya umat Kristiani

“Sejak dari tahun 2007 sewaktu BPJS Ketenagakerjaan masih BUMN bernama JAMSOSTEK, sudah di mulai kepada tenaga pendidik di Sekolah Tinggi Bibelvrouw,” kata Sanco.

Sanco berharap kerja sama ini secara utuh menjadi pilot project untuk diteruskan di Distrik lain.

“Luar biasa Distrik IX, semoga dapat menjadi percontohan. Kami siap memberikan pelayanan terbaik dan siap mensosialisasikan ke masing-masing resort,” tutup Sanco. (ril)